NEWSTICKER
Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Hujan Disertai Petir Berpotensi Melanda Sejumlah Wilayah

Nasional cuaca ekstrem
Antara • 17 Maret 2020 17:32
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan beberapa wilayah berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Cuaca ini kemungkinan terjadi hingga Kamis, 19 Maret 2020.
 
"Intrusi massa udara kering di belahan bumi utara (BBU) melintasi wilayah perairan utara Pulau Kalimantan dan di belahan bumi selatan (BBS) melintasi Laut Arafuru bagian barat," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Taufan Maulana di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Menurut dia, wilayah di depan muka intrusi akan menjadi lebih lembab. Massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia, kecuali di timur Riau, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, dan Maluku Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sirkulasi siklonik di perairan barat Aceh membentuk pertemuan massa udara di Sumatra Selatan sampai Bengkulu dan belokan angin di pesisir barat Sumatra. Konvergensi ini juga terbentuk memanjang di Jawa Barat, Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah, Papua Barat sampai Papua.
 
Hujan Disertai Petir Berpotensi Melanda Sejumlah Wilayah
Pengendara mobil melintasi banjir yang muncul usai hujan lebat di kawasan Kemang Raya, Jakarta, Selasa, 25 Maret 2020. Foto: Antara/Wahyu Putro A
 
Baca: 23 Tewas saat Tornado Hantam Wilayah Tennessee
 
Rabu, 18 Maret 2020, hujan lebat disertai angin kencang dan petir berpotensi muncul di Aceh, Bengkulu, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua. DKI Jakarta dan sekitar juga potensial dilanda cuaca serupa.
 
Untuk Kamis, 19 Maret 2020, cuaca yang sama kemungkinan terjadi di Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua, serta Jakarta dan sekitarnya. BMKG mengimbau masyarakat berhati-hati saat beraktivitas di luar.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif