Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

1,1 Juta Dosis Vaksin Pfizer dari AS Mendarat di Indonesia

Nasional Virus Korona vaksinasi covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia
Antara • 19 September 2021 17:08
Jakarta: Indonesia kedatangan vaksin covid-19 tahap ke-69 yang mencapai 1.140.750 dosis siap pakai. Vaksin Pfizer donasi dari pemerintah Amerika Serikat (AS) itu diserahkan melalui COVAX Facility.
 
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjelaskan pengiriman ini menjadi yang ketiga dari AS. Vaksin ini bagian dari 4.644.900 dosis tambahan melalui dose-sharing mechanism.
 
"Jika dijumlah keseluruhan dengan Vaksin Moderna, vaksin yang sudah tiba di Indonesia sebanyak 8.000.160, maka dukungan dose-sharing pemerintah AS akan berjumlah 12.645.060 dosis," kata Johnny dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 19 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Indonesia telah menerima 2.632.500 dosis Vaksin Pfizer dari pemerintah AS yang masing-masing dikirim dalam dua tahap. Pada Kamis, 16 September 2021, 877.500 dosis vaksin Pfizer tiba di Indonesia dan 1.755.000 dosis sehari kemudian. 
 
Baca: 18 September, 838.878 Nakes Sudah Divaksin Booster
 
Paket vaksin tahap keempat dari AS yang mencapai 871.650 dosis direncanakan tiba Kamis, 23 September 2021. Dengan begitu, total keseluruhan vaksin yang telah tiba di Indonesia mencapai 257.350.400.
 
Menurut Menkominfo, kerja sama internasional, baik bilateral maupun multilateral, berperan besar dalam penanganan covid-19. Indonesia juga aktif dalam penyetaraan akses vaksin di dunia.
 
"Kerja sama antarnegara sangat dibutuhkan dalam upaya mencegah muncul, berkembang, dan menyebarnya varian baru," ujar politikus Partai NasDem itu.
 
Johnny menegaskan pemerintah sejak awal menjalin diplomasi dengan banyak negara, yang salah satunya berwujud bantuan vaksin untuk vaksinasi nasional. Amannya ketersediaan stok vaksin akan memperlancar percepatan dan perluasan vaksinasi.
 
Di sisi lain, pemerintah membutuhkan dukungan masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi nasional. Seluruh masyarakat diminta segera mengikuti vaksinasi dengan vaksin yang ada. Warga tidak perlu pilih-pilih karena semua vaksin aman dan berkhasiat.
 
"Pemerintah juga tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan (prokes), apalagi mengingat kemungkinan masuknya varian baru virus covid-19," kata Jhonny.

Vaksin untuk Indonesia


Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif