Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Kabar Baik, Jumlah Zona Risiko Tinggi Covid-19 Menurun

Nasional Virus Korona Satgas Covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 06 Januari 2021 15:21
Jakarta: Zona risiko tinggi covid-19 tingkat kabupaten/kota periode 28 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021 menurun. Masyarakat diminta teteap disiplin menerapkan protokol kesehatan.
 
“Minggu sebelumnya (21 Desember–27 Desember 2020) terdapat 76 kabupaten/kota (zona risiko tinggi), minggu ini jumlahnya menjadi 54. Ini adalah berita baik," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Wiku menyebut tren positif lainnya juga terjadi di zona risiko rendah. Sebanyak 57 kabupaten/kota masuk kategoris risiko rendah. Bertambah delapan, dari sebelumnya 49 kabupaten kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, 11 kabupaten/kota yang tidak mengalami kasus baru sepekan terakhir. Jumlah itu bertambah tiga dari delapan kabupaten/kota pada pekan sebelumnya.
 
Baca: Warga Diajak Tetap Patuh 3M Saat Beraktivitas
 
"Dan zona hijau atau yang tidak terdampak jumlahnya tetap yaitu empat kabupaten/kota. Ini adalah kabar yang baik," papar Wiku.
 
Meski begitu, zona risiko sedang perlu menjadi perhatian. Sebab, jumlahnya menjadi 388 kabupaten/kota dari 377 kabupaten/kota pada pekan lalu.
 
"Zona risiko sedang ini bukanlah zona aman. Ini merupakan pintu masuk menuju zona risiko tinggi,” tegas Wiku.
 
Wiku mendorong pemerintah daerah memperketat protokol kesehatan dan meningkatkan pelayanan pasien covid-19. Supaya, lonjakan kasus bisa ditekan dan terhindar dari zona risiko tinggi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif