Pedemo UU Cipta Kerja bentrok dengan petugas di Harmoni, Jakarta Pusat. Medcom.id/Christian
Pedemo UU Cipta Kerja bentrok dengan petugas di Harmoni, Jakarta Pusat. Medcom.id/Christian

Komnas HAM Kumpulkan Kronologi Kerusuhan Demo UU Ciptaker

Nasional komnas ham Omnibus Law Demo Tolak Omnibus Law
Siti Yona Hukmana • 08 Oktober 2020 21:07
Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membuat tim khusus (timsus) pemantauan demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker). Seluruh kerusuhan yang terjadi di sejumlah daerah tengah didalami.
 
"Kami sedang mendalami semua domumen yang ada. Kami kumpulkan semua kronologinya," kata Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam dalam konferensi pers daring, Kamis, 8 Oktober 2020.
 
Anam memerinci sebaran wilayah yang terjadi kerusuhan imbas demo penolakan UU Ciptaker. Wilayah itu antara lain Palu, Sulawesi Tengah; Bandung, Jawa Barat; Lampung, Sumatera Selatan; Jawa Timur; Jawa Tengah; Yogyakarta, DI Yogyakarta; dan DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anam mengatakan kronologi kerusuhan di masing-masing daerah berbeda-beda. Dia mengaku masih menunggu dokumen-dokumen kerusuhan dari wilayah lain.
 
"Sambil menunggu dokumen yang lain kita tetap berkomunikasi dengan semua pihak. Kepada pengunjuk rasa kita minta melakukannya dengan damai, kepada kepolisian kita minta juga melakukan tindakan-tindakan yang lebih persuasif, humanis," ungkap Anam.
 
Baca: Potret Kerusakan Pascademo Tolak UU Ciptaker di Yogyakarta
 
Anggota Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menambahkan, pihaknya meminta kepolisian taat menjalankan Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2008 tentang Implementasi Standar dan Prinsip Hak Asasi Manusia dalam Tugas Kepolisian Republik Indonesia. Komnas HAM tidak ingin penanganan demo ricuh berujung kekerasan petugas.
 
"Sehingga ekses-ekses, misalnya pelanggaran HAM atau kekerasan aparat, bisa diminimalisasi," imbuh Beka.
 
Baca: Nilai Kerusakan Imbas Demo UU Ciptaker di DKI Mencapai Rp25 Miliar
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif