Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Habibie Ingin Cucunya Jadi 'Pemberontak'

Nasional bj habibie
Juven Martua Sitompul • 11 September 2019 23:54
Jakarta: Presiden ketiga RI BJ Habibie menitipkan pesan pada cucunya, Melanie Subono, sebelum wafat. Saat dirawat, Habibie sempat memanggil Melanie untuk membisikkan pesan tersebut.
 
"Eyang cuma bilang, kamu terus ya jadi pemberontak," kata Melanie di rumah duka, Jalan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu malam, 11 September 2019.
 
Permintaan agar Melanie memberontak itu bermakna positif. Habibie ingin cucunya melawan ketidakadilan dan selalu berani menghadapi tantangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anak promotor musik Adri Subono ini bercerita perbincangan terakhirnya dengan Habibie di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto itu. Menurut Melanie, Habibie kagum pada bidang yang digelutinya selama ini.
 
"Kamu terus jadi pemberontak untuk Indonesia, itu pesan eyang yang bakal terus gue lakukan," kata Melanie.
 
Dia bilang, saat ini Habibie telah beristirahat dengan tenang. Dengan mata berkaca-kaca, Melanie memastikan seluruh anggota keluarga mendoakan Habibie.
 
“Dan saya sejujurnya, lega dan happy sih kebayang sekarang di dalam otak saya, eyang sama eyang Ainun mungkin Eyang Ainun bersatu lagi, mungkin sekarang Eyang Ainun dengan caranya yang khas yang ‘ih papah kemarin liat ya enggak minum obat’ atau apa i dont know tapi happy lah, saya yakin mereka sudah happy bareng,” ujarnya.
 
Saat ini, jenazah Habibie disemayamkan di rumah duka. Besok, rencananya almarhum akan diserahkan ke pemerintah untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Prosesi upacara pemakaman akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 13.00 WIB.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif