Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Antara)
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Antara)

Kemenkumham Diminta Segera Benahi Jajaran Lapas

Nasional kemenkumham
25 Juni 2019 01:29
Jakarta: Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahardian menilai pembakaran rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) terjadi akibat kurangnya pengawasan dan keamanan di dalamnya. Alhasil kericuhan di rutan dan lapas kerap terjadi.
 
Atas masalah ini, Trubus meminta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) segera melakukan pembenahan di jajaran lapas. Pembenahan dilakukan secara menyeluruh, dari hulu hingga ke hilir.
 
"Bila hulunya dibenahi, hilirnya pasti akan baik. Tak ada lagi kericuhan yang menyebabkan pembakaran rutan maupun lapas," ujar Trubus dalam keterangannya, Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trubus menambahkan, munculnya persoalan tersebut juga disebabkan akibat buruknya kordinasi dengan pihak kepolisan maupun TNI. Sehingga, kericuhan yang seharusnya bisa dicegah justru pecah akibat lemahnya koordinasi.
 
"Yang saya tangkap, selama ini dari pihak lapas maupun rutan, biasanya mencoba menyelesaikan sendiri. Kalau tak bisa baru mereka meminta bantuan," ungkap dia.
 
Trubus menuturkan, munculnya masalah di dalam penjara juga disebabkan buruknya tata kelola lapas. Persoalan dalam pembinaan pegawai lapas, misalnya, selama ini hanya bersifat seremonial dan sekadar rutinitas. Masalah paling menonjol ialah jarangnya memutasi petugas lapas.
 
"Mengacu dari peraturan yang ada, programnya setiap dua tahun sekali dimutasi, tapi nyatanya tidak. Mereka bisa bertahan di satu tempat dalam waktu lama," tukasnya.
 
Trubus mengaku jengah dengan pembenahan rutan dan lapas yang sulit dilakukan. Padahal, pembenahan menyeluruh adalah hal paling krusial demi meminimalisasi kericuhan di rutan dan lapas.
 
"Pembenahan harus segera dilakukan untuk menciptakan rutan dan lapas yang aman tanpa menimbulkan masalah," pungkasnya.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif