Penyanyi Agnez Monica saat berkunjung ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Instagram Agnez Mo.
Penyanyi Agnez Monica saat berkunjung ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Instagram Agnez Mo.

Kepala Staf Presiden Bela Agnez Mo

Nasional agnez mo
Damar Iradat • 26 November 2019 16:54
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membela Agnes Monica yang mengeluarkan pernyataan kontroversial tentang darah keturunannya. Moeldoko meminta publik tak cepat menyimpulkan pernyataan itu.
 
"Belum tentu seperti itu. Saya itu sering waktu sekolah ke luar negeri, sering datangi teman-teman kita yang di luar, wah itu nasionalismenya lebih dari kita," papar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 26 November 2019.
 
Moeldoko meminta warganet berhenti merisak Agnez Mo di media sosial. Ia yakin Agnez Mo mencintai Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan terus digoreng Agnez Monica enggak nasionalis. Menurut saya sih enggak," tutur dia.
 
Mantan Panglima TNI itu pun berkelakar akan kembali mengundang Agnez Mo ke Istana Kepresidenan. Agnez Mo sempat dua kali diundang ke Istana Kepresidenan.
 
Pada kesempatan pertama, Moeldoko mengundang Agnez Mo makan siang di Kantor Staf Kepresidenan pada September 2018. Agnez kembali diundang bertemu Presiden Joko Widodo pada awal 2019.
 
Pengguna media sosial meributkan pernyataan Agnez Mo dalam wawancara terbaru bersama media BUILD Series yang diunggah melalui YouTube, Jumat, 22 November 2019. Dalam wawancara eksklusif berdurasi 27 menit itu, Agnez Mo dan Kevan Kenney membahas topik keberagaman Indonesia dan personalitas Agnez Mo yang tampak berbeda.
 
Dalam salah satu segmen, Kevan sempat bertanya soal Agnez Mo yang tampak berbeda dengan orang kebanyakan di Indonesia. Kevan yang mengetahui hal itu melalui sebuah wawancara, melihat Agnez Mo sebagai sosok yang populer dan sukses.
 
Agnez Mo mula-mula menjelaskan asal muasalnya yang tak memiliki darah asli keturunan Indonesia. Dia mengaku sebagai warga keturunan Jerman, Jepang, dan Cina.
 
"Karena aku tidak memiliki darah keturunan Indonesia atau semacamnya. Aku memiliki keturunan Jerman, Jepang, dan Cina. Aku lahir di Indonesia dan aku menganut agama Kristen, agama minoritas di Indonesia dengan warga mayoritas beragama Muslim. Saya tidak akan bilang bukan bagian Indonesia, karena saya merasa orang-orang menerimaku. Namun terkadang ada perasaan, saya tidak seperti orang kebanyakan," kata Agnez.
 
Sementara itu, Agnez Mo mengunggah penjelasan tentang pernyataannya itu di Instagram. Agnez bangga menjadi representasi warga minoritas di Indonesia yang beragama Muslim dan mampu menginspirasi orang banyak.
 
"Saya tumbuh di tengah keberagaman kultur. Saya berpegang pada konsep kultur inklusif. Bhinneka Tunggal Ika berarti bersatu dalam keberagaman. Saya suka ketika dapat berbagi tentang asal muasal saya dan negara saya. Saya akan selalu memberikan pernyataan jujur dan bersaksi pada dunia bagaimana seorang minoritas sepertiku diberi kesempatan untuk bemimpi dan mengejar impian," tulis Agnez Mo, Selasa, 26 November 2019 melalui Instagram.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif