Presiden Joko Widodo di Bendung Kamijoro, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Presiden Joko Widodo di Bendung Kamijoro, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Foto: Medcom.id/Desi Angriani

Jokowi Tutup 2019 dengan Resmikan Bendung Kamijoro

Nasional jokowi bendungan
Desi Angriani • 31 Desember 2019 11:53
Yogyakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan Bendung Kamijoro di aliran Kali Progo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan ini menjadi kunjungan kerja terakhir Presiden di 2019.
 
Jokowi mengatakan bendungan ini berfungsi mengairi lahan persawahan seluas 2.374 hektare (ha) dan jaringan irigasi primer 9,7 kilometer (km). Kehadiran Bendung Kamijoro dapat meningkatkan intensitas tanam dari 205 persen menjadi 270 persen di Bantul.
 
"Bendung ini yang dibangun di aliran Sungai Progo sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan karena memberikan kepastian, memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat," kata Jokowi di Bendung Kamijoro, Selasa, 31 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut bendung tersebut turut berfungsi sebagai prasarana pengambilan air baku untuk Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, sebesar 500 liter per detik.
 
Area ini pun telah menjadi objek wisata bagi warga setempat sejak 2018. Pendapatan untuk parkir di hari libur bisa mencapai Rp20 juta.
 
"Petani bisa hidup lebih sejahtera, usaha kecil juga bisa tumbuh di kanan-kiri Bendung dan kita harapkan pendapatan masyarakat meningkat karena banyak wisatawan yang datang ke sini," pungkas dia.
 
Jokowi Tutup 2019 dengan Resmikan Bendung Kamijoro
Bendung Kamijoro, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
 
Pembangunan Bendung Kamijoro dilakukan dengan kontrak tahun jamak 2016-2018 sebesar Rp229 miliar oleh kontraktor PT Waskita Karya dan PT Pembangunan Perumahan (kerja sama Operasi/KSO). Konsultan supervisi dipegang PT Yodya Karya dan PT Catur Bina dengan nilai kotrak Rp7,8 miliar.
 
Bendung terletak di perbatasan Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul. Masyarakat bisa berkunjung melalui jalur Kulon Progo lewat Jalan Sentolo–Brosot Desa Tuksono Kecamatan Sentolo dan dari jalur Bantul lewat Kamijoro Kecamatan Pajangan.
 

 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif