Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 5 Januari 2021. Foto: Dok Satgas
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 5 Januari 2021. Foto: Dok Satgas

Pemerintah Jamin Distribusi Vaksin Covid-19 Merata

Nasional Virus Korona vaksinasi vaksin covid-19 Satgas Covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 05 Januari 2021 19:30
Jakarta: Distribusi vaksin covid-19 ke seluruh wilayah Indonesia dijamin merata. Keamanan dan kualitas vaksin juga dipastikan dalam kondisi prima saat disuntikkan kepada masyarakat.
 
“Pemerintah menjamin distribusi ke berbagai daerah di Indonesia dan dapat efektif tanpa merusak kualitas vaksin,” kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Menurut dia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengawasi vaksin covid-19 sejak tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Buktinya, BPOM mengeluarkan sertifikasi lot release sebagai syarat keamanan 1,2 juta dosis vaksin Sinovac yang datang pada 6 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 15 Juta Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia Pekan Depan
 
“Vaksin yang didistribusikan daerah tetap diawasi dengan sampling berbasis risiko di UPT (unit pelaksana teknis) BPOM provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” imbuh dia
 
Saat ini, vaksin covid-19 Sinovac masih di tahap uji klinis 3 di tiga wilayah, yakni Bandung, Brasil, dan Turki. Izin penggunaan darurat (EUA) akan terbit setelah uji klinis 3 rampung kemudian vaksinasi baru dimulai.
 
Juru bicara vaksin covid-19 PT Bio Farma, Bambang Heriyanto, mengungkapkan vaksin covid-19 telah memasuki tahap distribusi. Vaksin akan ditempatkan di fasilitas pelayanan kesehatan dengan penanganan khusus.
 
"Mulai hari ini vaksin akan mulai kita distribusikan ke 34 provinsi," kata Bambang dalam telekonferensi, Minggu, 3 Januari 2021. 
 
Menurut dia, distribusi melibatkan seluruh pihak, tak hanya Bio Farma sebagai distributor. Otoritas di masing-masing provinsi, kabupaten atau kota, dan puskesmas turut bergerak.  
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif