Wapres Jusuf Kalla berfoto bersama saat konferensi misi perdamaian. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Wapres Jusuf Kalla berfoto bersama saat konferensi misi perdamaian. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.

Kalla Ingin Misi Perdamaian Diemban Bersama

Nasional jusuf kalla pbb
Nur Azizah • 25 Juni 2019 18:09
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan agar angkatan bersenjata dapat mempersiapkan diri agar tepat guna di abad ke-21. Tentara lintas negara juga perlu mengemban misi perdamaian bersama-sama.
 
"Bagaimana angkatan bersenjata dari berbagai negara berbeda dapat bekerja sama dalam mendukung dan memperkuat misi perdamaian yang diemban oleh PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa)," kata Kalla saat membuka konferensi internasional 'Mempersiapkan Angkatan Bersenjata Modern untuk Misi Pemeliharaan Perdamaian di Abad ke-21' di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Juni 2019.
 
Menurut dia, perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan. Perdamaian hanya dapat diraih dengan pengertian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, konferensi ini fokus pada implementasi hukum humaniter internasional dalam operasi perdamaian. Fokus konferensi pada pada isu wanita dalam pemeliharaan perdamaian, perlindungan warga sipil, dan layanan medis di saat konflik.
 
Baca: Kalla Sebut Misi Perdamaian PBB Perlu Dimodernisasi
 
Konferensi selama tiga hari, terhitung sejak hari ini. Acara ini mempertemukan perwakilan dari negara dan organisasi anggota forum regional ASEAN dan negara-negara lain.
 
Perwakilan tentara dari negara sahabat juga hadir. Mereka di antaranya Australia, Bangladesh, Kanada, Tiongkok, dan Republik Demokratik Rakyat Korea, India, Malaysia, Republik Korea, Timor-Leste, dan Uni Eropa. Kalla berharap konferensi memberikan kesempatan bagi negara yang hadir untuk saling bertukar pikiran.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif