Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie. ANT/Puspa Perwitasari.
Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie. ANT/Puspa Perwitasari.

Saut Situmorang: Habibie Menginspirasi

Nasional bj habibie
Juven Martua Sitompul • 11 September 2019 19:58
Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyampaikan duka cita atas wafatnya Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie. Saut mengenang Habibie sebagai putra terbaik bangsa.
 
“Selamat jalan Prof. Selamat jalan Presiden,” kata Saut kepada Medcom.id, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.
 
Saut menceritakan kenangan berharga bersama Habibie pada 1983. Saut saat itu sebagai mahasiswa teladan mewakili Universitas Padjajaran (Unpad) bertemu Habibie selaku Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya ketemu pertama kali dengan Pak Habibie tahun 1983, saat saya jadi mahasiswa teladan Unpad yang ketemu acara para teladan dengan Menristek di kantornya,” kata Saut.
 
Saut mengatakan Habibie merupakan sosok yang menginspirasinya untuk belajar Fisika. “Waktu itu tertarik mau buat analisa numerik dari mendesain pesawat waktu namanya Nurtanio,” kata dia.
 
Saut juga memiliki kenangan berkesan saat Habibie menjadi Presiden menggantikan Soeharto. Waktu itu Saut bertugas di KBRI Singapura. Habibie, kata dia, mampu membuat hubungan Indonesia dan Singapura lebih baik.
 
“Intinya membuat dinamika hubungan RI dan Singapura ngeri-ngeri sedap waktu itu namun walau akhirnya kedua negara dapat bertetangga dengan baik bahkan lebih baik,” jelas Saut.
 
BJ Habibie tutup usia pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Ia wafat di usia 83 tahun. Habibie sudah seminggu dirawat. Dia ditangani puluhan tim dokter. Habibie didampingi anak dan cucu saat menghembuskan napas terakhir.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif