Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Antara)
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Antara)

Banjir di Konawe Utara Meluas

Nasional bencana longsor bencana banjir
04 Juni 2019 14:29
Kendari:Banjir di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara meluas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara mencatat titik banjir di daerah itu mencapai 13 desa.
 
"Sebelumnya hanya delapan desa yang dilanda banjir, hari ini sudah meluas hingga 13 desa," kata Kepala BPBD Konawe Utara, Djasmiddin dilansir Antara, Selasa, 4 Juni 2019.
 
13 titik banjir itu yakni di Desa Tambakua, Langgiwo, Polora Indah, Sabandete, Mopute, Longeo, Tapuwatu, Walalindu, Alawanggudu, Puuwanggudu, Labungga, Laronanga, dan Kelurahan Lino Moio.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ke 13 desa tersebut berada di Kecamatan Langgikima, Asera, Oheo, Landawe, dan Andowia," ucapnya.
 
Djasmiddin mengatakan rata-rata ketinggian air yang merendam lokasi itu mencapai dua meter. Namun, ada beberapa titik yang sempat mencapai empat meter.
 
"Akibatnya, aktivitas warga jadi terhambat bahkan di beberapa titik aktivitas warga lumpuh total," kata dia.
 
(Baca: 2.793 Orang Mengungsi Akibat Banjir Sigi)
 
Menurut dia, meluasnya wilayah banjir disebabkan tingginya debit air yang meluap mengikuti aliran sungai wilayah Langgikima dan masuk di kawasan Wanggudu dan Andowia.
 
Warga yang terdampak banjir telah dievakuasi ke tempat tinggi dan tenda-tenda darurat. "Tidak sedikit warga yang tidak bisa menyelamatkan barang-barangnya yang ikut hanyut terbawa air" katanya.
 
Banjir bandang melanda wilayah Kabupaten Konawe Utara pada Minggu, 2 Juni 2019, dini hari. Peristiwa itu diakibatkan hujan yang terus mengguyur sejak beberapa pekan terakhir di wilayah tersebut.
 
Berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Konawe Utara, 11 rumah warga di Desa Tapuwatu, Kecamatan Asera, hanyut terbawa air.
 
Kemungkinan besar masih ada rumah rusak parah akibat luapan air sungai yang belum terdata oleh tim. Saat ini warga membutuhkan bantuan seperti bahan makanan.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif