Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Tiga Kandidat Ibu Kota Baru Masih Perlu Dikaji

Nasional pemindahan ibukota presiden jokowi
Damar Iradat • 30 April 2019 16:11
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut rencana pemindahan Ibu Kota tidak akan dilakukan terburu-buru. Presiden ingin, lokasi yang akan menjadi Ibu Kota baru sesuai dengan posisi geografis Indonesia.
 
Dalam rapat terbatas kemarin, Jokowi telah memutuskan agar Ibu Kota dipindah keluar Pulau Jawa. Namun, soal lokasi masih digodok kembali.
 
"Bisa di Sumatera, tapi kok nanti yang timur jauh. Di Sulawesi agak tengah, tapi di barat juga kurang. Di Kalimantan kok di tengah-tengah. Kira-kira itu lah," kata Jokowi usai meninjau PT. KMK Global Sports I, Banten, Selasa, 30 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Kepala Negara, tiga pulau tersebut masuk dalam kandidat lokasi ibu kota baru. Kendati begitu, pengkajian mendalam juga masih diperlukan.
 
Menurut dia, sejumlah hal juga perlu diperhatikan sebelum memindahkan Ibu Kota. Di antaranya, daya dukung lingkungan, ketersediaan air bersih, serta potensi kebencanaan.
 
"Kemudian nanti pengembangan ibu kota ke depan apakah masih memungkinkan. Semua kalkulasi harus dirampungkan dulu nanti disampaikan ke saya, nanti saya putuskan," ujar dia.
 
Baca juga:Pemindahan Ibu Kota Butuh 5-10 Tahun
 
Menurut Jokowi, pemindahan ibu kota merupakan visi ke depan yang harus direalisasikan oleh Indonesia. Apalagi, ibu kota saat ini Jakarta yang berada di Pulau Jawa juga sudah dianggap tidak memadai.
 
"Kita ini memiliki 17 ribu pulau, tapi di Jawa sendiri penduduknya 57 persen dari total penduduk di Indonesia. Semuanya memang ke depan sudah tidak memungkinkan lagi. Sehingga kemarin saya putuskan di luar Jawa, pindah," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
 
Presiden Joko Widodo sebelumnya dalam rapat terbatas menolak dua pilihan pemindahan Ibu Kota ke wilayah lain di Pulau Jawa. Presiden ingin Ibu Kota dipindahkan ke luar Pulau Jawa.
 
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengusulkan tiga pilihan pemindahan Ibu Kota. Alternatif pertama dan kedua, Ibu Kota dipindahkan ke wilayah lain di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).
 
Jokowi menilai pemindahan Ibu Kota ke luar Pulau Jawa merupakan solusi paling sesuai saat ini. Karena, hampir setengah penduduk Indonesia menetap di Pulau Jawa, sekitar 57 persen dari total populasi penduduk.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif