Jokowi: Rest Area Jangan Dipenuhi Brand Asing

Achmad Zulfikar Fazli 28 November 2018 11:10 WIB
jalan tol
Jokowi: Rest Area Jangan Dipenuhi Brand Asing
Presiden Joko Widodo di rest area Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Sragen: Presiden Joko Widodo mengaku senang rest area Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi dipenuhi produk lokal. Berbagai makanan lokal tersaji di rest area tersebut, antara lain soto kuwali, lontong opor, pecel lele, oseng kikil, serta bebek rica-rica.

"Kita ingin rest area ini dipenuhi oleh produk-produk lokal dari daerah-daerah yang kita miliki, sehingga jangan sampai justru dipenuhi oleh brand-brand asing, dari luar, dan brand-brand lokal hanya menjadi penonton," kata Jokowi dalam sambutannya di acara peresmian Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu, 28 November 2018.

Jokowi menyebut penerapan produk lokal di rest area sesuai arahannya. Dia berharap hal itu juga diterapkan di seluruh rest area.


"Ini sudah mulai dan saya harapkan di rest-rest area yang lainnya juga mengikuti seperti ini," ucap dia.

Pantauan Medcom.id, selepas meresmikan Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi Jokowi sempat singgah ke rest area. Dia menyantap makanan ringan yang disajikan di tenda rest area.

(Baca juga: Tol Jakarta-Surabaya Tersambung Akhir Desember)

Dia tampak didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan pejabat lainnya. Mereka tampak berbincang santai sambil menyeruput teh.

Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi memiliki panjang 51 kilometer. Jalan lintas hambatan ini merupakan bagian dari jaringan jalan Tol Trans Jawa. Tol ini tergabung dalam proyek strategis nasional. 

Secara keseluruhan, tol ini memiliki panjang 90,43 kilometer. Proyek ini dikerjakan oleh pemerintah dan PT Jasamarga Solo Ngawi. 

Jalan tol ini akan dilengkapi delapan Gerbang Tol (GT). Antara lain, GT Colomadu, GT Bandara, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Jalan Tol Solo-Ngawi ini terdiri dari tiga tahapan pengoperasian. Tahap I segmen SS Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km telah beroperasi sejak 30 Maret 2018. Tahap II Kartasura-Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018. Terakhir, Tahap III Sragen-Ngawi yang telah mendapat sertifikat laik operasi.
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id