MA bakal Resmikan 85 Pengadilan Baru
Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Jakarta: Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali akan meresmikan operasional 85 pengadilan baru di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Hal tersebut jadi langkah MA dalam menegakkan keadilan. 

"Tanggal 21 (Oktober 2018) meresmikan 85 pengadilan baru dari tiga lingkungan pengadilan, pengadilan agama, umum, dan tata usaha negara," ujar Hatta di Gedung MA, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Oktober 2018.

Pengadilan baru tersebut akan disebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal itu bertujuan untuk memfasilitasi para pencari keadilan di seluruh pelosok negeri.


"Kita tunjukan, pemerintah, lembaga yudikatif, sangat perhatian pada pencari keadilan. Jadi nilai strategisnya sangat tinggi," tegas Hatta.

Hatta menjelaskan, pembangunan 85 pengadilan baru itu melibatkan pemerintah daerah. Pemda menyediakan lahan, sedangkan pembangunan fisik dilakukan MA. 

Terkait sumber daya manusia pengadilan, jelasnya, diambil dari daerah-daerah yang memiliki hakim dengan jumlah lebih. Termasuk panitera, sekretariat, hingga tenaga honor.

"Beberapa telah menyatakan kesanggupan membantu tenaga honor," imbuhnya.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id