Malaysia Pinjamkan Hercules buat Sulteng

Dheri Agriesta 09 Oktober 2018 16:28 WIB
Gempa Donggala
Malaysia Pinjamkan Hercules buat Sulteng
Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Perdana Menteri Malaysia Datu Seri Wan Azizah - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Jakarta: Wakil Perdana Menteri Malaysia Datu Seri Wan Azizah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam pertemuan itu, Wan Azizah menyebut Malaysia siap membantu Indonesia menangani bencana di Sulawesi Tengah.

"Kerajaan Malaysia bersimpati dan menawarkan pertolongan untuk meringankan beban gempa bumi dan bencana yang terjadi di Sulawesi," kata Wan Azizah usai pertemuan di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Oktober 2018.

Malaysia menawarkan bantuan alat angkut udara berukuran besar. Pesawat ini dapat digunakan PT Pertamina membawa bahan bakar ke daerah terdampak gempa dari Balikpapan.


Wan Azizah menambahkan Kerajaan Malaysia juga meminjamkan dua pesawat jenis Hercules. Malaysia juga mengirimkan bantuan sebesar RM1 juta. 

(Baca juga: WNI di Kanada Galang Dana untuk Sulteng)

"Perdana Menteri Mahathir Muhammad besok (memberikan) dana rehabilitasi bencana, utamanya di bidang pendidikan," jelas dia.

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang Palu, Donggala, dan Sigi pada 28 September 2018. Gempa berskala besar itu disusul empasan tsunami dan likuefaksi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 2.002 orang menjadi korban jiwa akibat bencana ini.

Sebanyak 18 negara telah merealisasikan bantuan penanganan bencana. Negara itu di antaranya, Korea, Jepang, Swiss, Singapura, Tiongkok, Qatar, Turki, India, Spanyol, Vietnam, Malaysia, Inggris, Selandia Baru, Australia, Russia, Pakistan, dan Denmark.





(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id