NasDem Sesalkan Sandiaga Melangkahi Makam Pendiri NU
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno (kiri). Foto: Antara/Raisan Al Farisi.
Jakarta: Sekjen DPP Garda Pemuda (GP) NasDem Moh Haerul Amri menyesalkan tindakan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno yang melangkahi makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Bisri Syansuri di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Momen tersebut terekam video dan viral di media sosial.

"Saya sudah konfirmasi ke keluarga besar di Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang. Mereka mengakui apa yang dilakukan Sandi melangkahi makam KH Bisri Syansuri benar adanya," ucap Haerul kepada Medcom.id, Jakarta, Sabtu, 10 November 2018.

Dalam berziarah, jelasnya, peziarah harus punya sikap tata krama. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan bagi peziarah. Pertama, berwudu.


"Kalau dalam tradisi Islam, nyekar itu pertama yang harus dilakukan adalah berwudu, dalam keadaan bersih dan suci," papar Aam, sapaannya.

Ketika peziarah hendak memasuki pekarangan makam, dianjurkan untuk mengucap salam. "Kemudian ketika berada di dalam makam, tidak boleh melangkah sembarangan, tidak boleh melangkahi makam-makam yang ada," imbuh Aam.

Setelah itu, lanjut dia, peziarah dianjurkan untuk menghadap kiblat dan berdoa. "Yang namanya ziarah itu harus ada tata kramanya. Makanya saya sangat menyayangkan seorang Sandi melangkahi makam Waliyullah KH Bisri Syamsuri," tutur Aam.

Aam juga menyayangkan sikap dan tata cara Sandi yang kurang khidmat saat menabur bunga ke makam KH Bisri Syansuri. Seharusnya, Sandi membungkukkan atau menunduk saat menabur bunga ke makam.

"Menunduk itu kan sebagai rasa hormat dan sopan kita kepada orang yang sudah dimakamkan. Seperti kita, misalnya, berjabat tangan dengan orang yang lebih tua itu kan harus menunduk," tutup Aam.

Dalam video yang beredar luas, terlihat Sandiaga Uno sedang berziarah ke makam KH Bisri Syansuri. Usai menabur bunga, Sandi terlihat melangkahi makam untuk menuju makam di sampingnya.

KH Bisri Syansuri merupakan salah satu pendiri NU dan mantan Rais Am Syuriah PBNU. KH Bisri Syansuri juga merupakan kakek Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dari pihak ibu.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id