Kebakaran melanda permukiman padat penduduk di Pademangan, Jakarta Utara, Jumat, 22 Mei 2020. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Kebakaran melanda permukiman padat penduduk di Pademangan, Jakarta Utara, Jumat, 22 Mei 2020. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Permukiman Padat di Pademangan Dilalap Api Jelang Buka Puasa

Nasional kebakaran
Yurike Budiman • 23 Mei 2020 00:36
Jakarta: Kebakaran melanda permukiman padat penduduk di Pademangan, Jakarta Utara. Peristiwa itu terjadi sesaat menjelang buka puasa Ramadan 1441 Hijriah.
 
Perwira piket Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Eko Mahendro, mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran pukul 17.43 WIB. Petugas langsung meluncur ke tempat kejadian perkara (TKP).
 
"Unit tiba di lokasi pukul 17.45 WIB," kata Eko, Jumat, 22 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan pantauan, api berhasil dipadamkan petugas pukul 19.00 WIB. Satu unit ambulans disiapkan untuk mengevakuasi warga yang pingsan di lokasi. Namun, petugas kesulitan mengevakuasi korban karena padatnya permukiman dan warga yang berkerumun.
 
Di sisi lain, api tidak sampai merembet ke kawasan Rumah Toko (Ruko) Permata Ancol yang letaknya tak jauh dari lokasi. Petugas pemadam kebakaran pun mengambil sumber air dari kali di depan ruko lantaran tidak ada akses air terdekat dan sempitnya jalanan menuju lokasi.
 
Eko mengatakan ada 12 mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi kejadian. Namun, dia masih belum mengetahui jumlah rumah yang terbakar.
 
"Untuk sementara objek yang terbakar adalah rumah warga. Penyebabnya masih belum diketahui," ujar Eko.
 
Baca: Rumah di Pondok Bambu Terbakar
 
Dewi, salah satu korban kebakaran, mengaku sedang berjualan kopi di depan Ruko Permata Ancol saat kebakaran berlangsung. Dia yang hidup seorang diri tak sempat menyelamatkan barang-barangnya.
 
"Saya langsung lihat ke dalam (mengarah ke rumah). Ternyata sudah ludes semua," ujar Dewi.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif