KTP-el Bantu Identifikasi Jenazah Jannatun
Konfrensi pers identifikasi jenazah Jannatun Cynthia Dewi - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Satu korban tragedi Lion Air JT610 sudah berhasil diidentifikasi. Korban atas nama Jannatun Cintya Dewi, 24. 

Identifikasi pada jenazah Jannatun dinilai mudah. Kepala Pusat Inafis Mabes Polri Brigjen Hudi Suryanto mengungkapkan bagian tubuh Jannatun cukup utuh khususnya jari tangan sebelah kanan. 

"Hal itu yang membuat tubuh korban diidentifkasi lebih mudah," beber Hudi di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu, 31 Oktober 2018.


Dia menyebut mula-mula tim mengambil sidik jari jenazah. Lalu dihubungkan dengan alat yang dimiliki tim inafis. Alat ini terhubung dengan data tunggal KTP-el. 

Lalu, muncul identitas yang bersangkutan. Untuk memastikan data akurat, tim membandingkan sidik jari jenazah dengan sidik jari di KTP-el. 

"Bila ditemukan kesamaan ada 12 titik ini sudah dipastikan identik meskipun itu di satu jari manusia. Di jenazah kita temukan 13 titik persamaan dapat kami yakini ini adalah identitas yang bersangkutan dan identik. Artinya sidik jari yang ada di mayat dan KTP-el sudah sama," papar dia. 

(Baca juga: Satu Korban Lion JT610 Teridentifikasi)

Hudi menyebut dari sidik jari saja tim sudah yakin bahwa yang ditemukan adalah Jannatun. 
"Kami meyakini ini karena tidak satu pun dari 10 juta bahkan 100 juta orang yang sidik jarinya sama. Ini sudah teruji secara internasional pengalaman kami juga begitu sehigga kami dapat meyakinkan identitas tersebut adalah benar" imbuh dia. 

Tim juga membandingkan dengan sejumlah data antemortem yang sudah diserahkan keluarga seperti ijazah, pakaian, foto dan lainnya. 

Termasuk, kebiasaan korban. "Di pemeriksaan postmortem jari tengah tangan kanan menggunakan cincin emas, dan kemudian kita cocokan dengan keterangan di antemortem kebiasaan menggunakan cincin emas di jari tengah tangan kanan," beber Kapusdokkes Mabes Polri Brigjen Arthur Tampi. 

Jenazah warga Sukodono, Jatim itu merupakan satu di antara 24 kantong jenazah yang tiba di RS Polri pada Senin, 29 Oktober 2018. Jenazah Jannatun sudah diserahkan pada keluarga dan akan segera dimakamkan. 






(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id