Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo di Malang, Jawa Timur, Senin, 29 April 2019.Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo di Malang, Jawa Timur, Senin, 29 April 2019.Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq.

BNPB Sarankan Ibu Kota Dipindah ke Kalimantan

Nasional pemindahan ibukota
Daviq Umar Al Faruq • 30 April 2019 14:06
Malang: Presiden Joko Widodo menolak dua pilihan pemindahan Ibu Kota ke wilayah lain di Pulau Jawa. Presiden ingin Ibu Kota dipindahkan ke luar Pulau Jawa.
 
Jokowi menilai pemindahan Ibu Kota ke luar Pulau Jawa merupakan solusi paling sesuai saat ini. Karena, hampir setengah penduduk Indonesia menetap di Pulau Jawa, sekitar 57 persen dari total populasi penduduk.
 
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo menilai wacana pemindahan Ibu Kota ini juga harus mempertimbangkan potensi kebencanaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu harus. Saya yakin Presiden tentu sudah mempertimbangkan risikonya," kata Doni di Malang, Jawa Timur, Senin, 29 April 2019.
 
Doni menjelaskan, mayoritas wilayah di Indonesia memiliki sesar atau patahan pada tubuh bumi yang mengalami pergerakan. Mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi dan sejumlah daerah lainnya.
 
"Kalau dari aspek kebencanaan ya hampir semua wilayah bagian barat Sumatera itu memiliki sesar, namanya Sesar Semangko. Kemudian di pulau Jawa ini juga sangat banyak, Sulawesi banyak sekali. Seluruh Indonesia bagian timur itu banyak sekali," jelas Doni.
 
Doni menyarankan wilayah yang aman untuk pemindahan Ibu Kota yakni pulau Kalimantan. Sebab, pula Kalimantan dinilai memiliki potensi bencana yang lebih kecil dibanding daerah lain.
 
"Kalau dari hasil data yang saya terima dari pakar, di Kalimantan itu yang ada patahan hanya mungkin 2-3 tempat, itu di bagian timur. Sisanya tengah itu aman dan patahan yang di timur pun kecil," beber Doni.
 
Doni menambahkan "Artinya kalau patahan itu bergerak pun mungkin risikonya tidak akan besar. Tetapi yang sudah lebih aman itu Kalimantan bagian selatan tengah dan barat itu aman," pungkas Doni.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif