Lion Air Gelontorkan Rp4 Miliar untuk Menyantuni Awak Pesawat

Annisa ayu artanti 04 November 2018 16:52 WIB
Lion Air Jatuh
Lion Air Gelontorkan Rp4 Miliar untuk Menyantuni Awak Pesawat
Direktur Operasional Lion Air Kapten Daniel Putut. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti.
Jakarta: Lion Air akan mengeluarkan sekitar USD275 ribu (Rp4,125 miliar dengan kurs Rp15.000 per USD) untuk awak pesawat JT-610 bernomor registrasi PK-LQP. Sebanyak delapan awak pesawat yang terdiri dari satu pilot, satu kopilot, dan lima pramugari ada dalam penerbangan nahas, Minggu, 29 Oktober 2018.

Direktur Operasional Lion Air Kapten Daniel Putut menyebutkan, untuk pilot, santunan atau personal accident yang dikeluarkan perusahaan sebesar USD100 ribu. Kopilot menerima santunan USD75 ribu.

"Pramugari USD20 ribu," sebut Daniel ditemui di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu 4 November 2018.


Menurut dia, angka untuk santunan awak pesawat memang lebih kecil dibandingkan santunan kepada 181 penumpang. Santunan untuk penumpang memang disebutkan rinci dalam sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 sebesar Rp1,25 miliar. 

Santunan untuk awak pesawat, kata dia, sesuai dengan kontrak saja. "Kita comply dengan peraturan pemerintah. Kalau beda, ya kenapa pemerintah tidak aturnya. Awak ada di kontrak," sebut dia.

Baca: Tim Gabungan Sisir Tanjung Pakis untuk Evakuasi Korban

Meski demikian, Daniel mengungkapkan angka santunan untuk awak pesawat itu tidak serta merta dicantumkan seperti itu. "Itu kita ikutin standar internasional," imbuh dia.

Sementara itu, ia menambahkan bagasi awak pesawat tidak diganti karena mereka tidak membawa barang-barang penting. "Tidak. Kru terbang tidak bawa apa-apa," pungkas dia.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id