Menteri Pariwisata Arief Yahya (jas hitam) berpose di kegiatan Indolevant travel Mart 2019. Istimewa
Menteri Pariwisata Arief Yahya (jas hitam) berpose di kegiatan Indolevant travel Mart 2019. Istimewa

Indolevant Travel Mart Diharapkan Tingkatkan Wisman ke Indonesia

Nasional pariwisata indonesia
10 Mei 2019 23:44
Jakarta: Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik helatan Indolevant Travel Mart 2019 yang digagas Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Amman, Yordania. Ajang ini diyakini mampu membantu menarik minat wisatawan mancanegara (Wisman) untuk datang ke Indonesia.
 
"Saya sangat mengapresiasi inisiatif KBRI Amman dalam mempromosikan 'Wonderful Indonesia' untuk pasar Timur Tengah," kata Arief saat menghadiri kegiatan tersebut.
 
Arief mengatakan wisatawan Timur tengah dikenal memiliki average spending yang sangat tinggi. Jumlahnya, mencapai lebih dari USD2 ribu per orang. "Diharapkan penyelenggaraan kegiatan ini akan meningkatkan jumlah wisatawan asal Timur Tengah, khususnya dari wilayah Yordania dan negara-negara Syam," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Duta Besar RI Amman Andy Rachmianto menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dukungan yang diberikan Kementerian Pariwisata. Ia berharap Indolevant Travel Mart 2019 dapat mendorong peningkatan jumlah wisatawan asing ke Indonesia.
 
"Sekaligus mendukung pencapaian target 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia seperti yang dicanangkan Presiden RI" kata Andy.
 
Andy menjelaskan, Indolevant Travel Mart 2019 merupakan bagian dari kegiatan promosi wisata Indonesia. Ajang ini bertujuan untuk membuka pangsa pasar wisatawan asing dari kawasan Levant yang mencakup Yordania, Palestina, Lebanon, Irak dan Suriah, untuk berkunjung ke Indonesia.
 
Indolevant Travel Mart menjadi forum unik yang mempertemukan sejumlah industri agen perjalanan dari Tanah Air dengan calon mitra bisnisnya yang berasal dari kawasan Levany. Selain itu, acara tersebut juga memberi kesempatan kepada para agen perjalanan Indonesia melakukan direct selling paket wisata memanfaatkan sejumlah meja pameran yang disediakan KBRI Amman.
 
Sebanyak enam agen perjalanan dan industri wisata Indonesia telah hadir dan bertemu dengan puluhan calon mitra bisnis wisata asal Yordania, Palestina, Lebanon dan Irak. Keenam industri tersebut adalah Go Indonesia, Bali Aero, Safara Tour, Accor Hotel Indonesia, Babylon Holiday dan Amarsvati Luxurious Hotel Lombok.
 
Selain kegiatan bisnis forum dan penjualan langsung, KBRI Amman juga memanfaatkan kegiatan Indolevant untuk mempromosikan Batik dan Kopi Indonesia. Para pengunjung berkesempatan mencicipi cita rasa kopi Indonesia dan mempraktikan cara membatik menggunakan canting di masing-masing booth yang disediakan. Bukan hanya itu, kegiatan juga diisi dengan alunan musik gamelan dan Tari Legong Bali, seni khas Nusantara.
 
Andy mengatakan seribuan pengunjung terlihat sangat antusias menggali informasi tentang pilihan paket wisata ke Indonesia, sekaligus menikmati berbagai tarian daerah, line dance, duet pemusik, dan video promosi yang ditayangkan di panggung hiburan. Kegiatan ini semakin semarak dengan adanya pembagian door prize sejumlah barang elektronik, termasuk paket liburan ke Indonesia.
 
Andy berharap semakin banyak warga Timur Tengah, khususnya Yordania yang lebih mengenal Indonesia. Diharapkan semakin banyak pula warga Yordania yang tertarik berkunjung ke Tanah Air.
 
Andy menyebut berdasarkan catatan Kementerian Pariwisata, jumlah wisatawan Yordania mengunjungi Indonesia sebanyak 6.200 orang hingga akhir 2018. Jumlah ini naik sekitar 20 persen dibandingkan 2016
 
Andy mengatakan, Indonesia belum menjadi pilihan utama wisatawan Yordania untuk berlibur ke kawasan Asia. Indonesia bahkan masih kalah beken dari Thailand dan Malaysia. Salah satu penyebabnya, kata dia, minimnya informasi dan terbatasnya pilihan paket wisata Indonesia yang dimiliki agen perjalanan Yordania.
 
"KBRI Amman secara konsisten akan terus mendorong promosi pariwisata Indonesia kepada masyarakat Yordania secara luas, dengan target destinasi Bali, Jakarta, Puncak, dan Bandung" pungkas Andy.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif