Gerindra--Ant/Rosa Panggabean
Gerindra--Ant/Rosa Panggabean

Pemantau Pemilu Protes Pencurian Suara di 5 Kecamatan

Nasional kecurangan pemilu
Kumbang Ari • 14 April 2014 11:17
medcom.id, Jember: Protes keras dilakukan lembaga independen pemantau pemilu terkait lambannya sikap Panwaslu Jember, Jawa Timur, menangani kasus kecurangan Pemilu Legislatif di wilayah tersebut.
 
Dalam kasus ini lembaga pemantau pemilu menuding telah terjadi pencurian suara saat rekapitulasi di tingkat tempat pemungutan suara dengan modus mengubah hasil perolehan suara di formulir C1 yang diinputkan ke formulir D1.
 
Protes keras dan adu mulut pun terjadi saat pemantau independen pemilu Jaringan Pemilih Rasional (Japer) mendatangi kantor Panwaslu melaporkan temuan adanya kecurangan dan pencurian suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Panwaslu dituding lamban menangani adanya dugaan praktik pencurian suara hasil pemilu yang dilakukan sejumlah calon anggota legislatif. Berdasarkan data temuan Japer, pencurian suara terjadi di hampir seluruh TPS yang tersebar di lima kecamatan yaitu Kecamatan Sumber Baru, Jombang, Sumber Jambe, Kali Wates, dan Kecamatan Tanggul.
 
Dalam temuan tersebut hasil perolehan penghitungan suara di TPS atau formulir C1 setelah dilakukan pemeriksaan ternyata berubah, dengan hasil rekapitulasi suara di tingkat desa atau Panitia Pemungutan Suara atau di formulir D1.
 
Pencurian suara itu terjadi pada suara sejumlah caleg salah satunya caleg DPR RI dari Partai Gerindra nomor urut 2 Bambang Hariyadi dan terjadi di hampir seluruh TPS di lima kecamatan. Atas temuan pencurian suara pemilu ini, Panwaslu berjanji akan menindaklanjuti dengan melakukan klarifikasi atas temuan dan laporan Japer.
 

 

(LAL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif