Kepala Daerah se-Indonesia Diminta Ikut Sukseskan Asian Games 2018
Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto:Dok)
Palembang: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah turut mendukung berlangsungnya Asian Games 2018. Sebab, pesta olahraga terbesar se-Asia itu menjadi pertaruhan citra bangsa Indonesia di mata dunia.

"Sekarang sudah bergerak, tidak hanya di Palembang, tidak hanya di Jakarta, tapi juga di seluruh Indonesia harus pasang spanduk, dan sebagainya. Ada kegiatan gerak jalan, obor api. Saya kira ini event milik Indonesia. Soal tempat di Jakarta, di Palembang, memang tempat bertandingnya di situ, tapi ini adalah prestasi Indonesia. Kerja bersama Indonesia," kata Tjahjo, usai menghadiri Sidang Paripurna DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) dalam rangka HUT Provinsi Sumsel di Palembang, Rabu, 23 Mei 2018.

Tjahjo pun berharap melalui Asian Games prestasi olahraga Indonesia terangkat. Ia mengingatkan, ajang olahraga adalah momentum untuk menunjukkan kehebatan bangsa Indonesia. Sebab dalam olahraga terkandung nilai-nilai positif, yakni spirit sportivitas dan disiplin. Oleh karena itu, semua elemen bangsa harus bergerak mendukung dan menyukseskan Asian Games.


"Harus diingat bahwa melalui media olahraga ini, yang dahulu juga dicanangkan oleh Bung Karno tahun 1955 dengan semangat olahraga membangun sportivitas, disiplin, hal itu mampu mengangkat nama bangsa dan negara," ujarnya. 

Presiden Joko Widodo pun, kata Tjahjo, bertekad penyelenggaraan Asian Games di Indonesia bisa berjalan sukses. Jokowi pun sudah mengingatkan seluruh kepala daerah, khususnya kepala daerah yang wilayahnya menjadi lokasi Asian Games, agar bekerja sama menyukseskan. Sebab, Asian Games adalah kerja bangsa yang harus didukung semua elemen bangsa. 

"Pak Jokowi berharap, bersama-sama dengan Gubernur Sumsel dengan Gubernur DKI Jakarta, ada sedikit Jawa barat, Banten, mari kita sukseskan Asian Games. Tidak hanya sebagai tuan rumah, tapi juga meningkatkan prestasi olahraga," kata Tjahjo.



(ROS)