Memutus Rantai Terorisme

Deradikalisasi Belum Menyentuh Aspek Keluarga

Intan Yunelia 18 Mei 2018 13:00 WIB
Deradikalisasi
Deradikalisasi Belum Menyentuh Aspek Keluarga
Polisi melakukan penangkapan di Tangerang Selatan. Foto: Antara/Muhammad Iqbal.
Jakarta: Aksi terorisme muncul karena ajaran paham radikal yang tertanam menjadi ideologi. Namun, upaya pemerintah melakukan deradikalisasi belum menyentuh aspek keluarga.

“Memutus mata rantai terorisme bergantung pada deradikalisasi. Upaya tersebut seharusnya tidak hanya ditujukan kepada individu tetapi juga kepada keluarga pelaku gerakan teroris,” kata Sri Sunarti Purwaningsih, Kepala Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan (P2KK) LIPI di Jakarta, Jumat, 18 Mei 2018.

Namun, penyelesaian kasus terorisme saat ini masih dilihat secara struktural, yang memusatkan peran dari lembaga-lembaga negara. Padahal, sangat perlu dilakukan pencegahan agar pandangan dan ideologi yang mendasari terorisme tidak berkembang luas di masyarakat.

“Hingga saat ini negara belum mengesahkan Undang-undang Anti Terorisme dan melihat pola terorisme di Indonesia. Kita tidak boleh lupa pada persoalan deradikalisasi yang sudah ditanamkan pada masyarakat yang memiliki pandangan radikal,” ujar Sri.

Hal senada diungkapkan, Cahyo Pamungkas Peneliti Pusat Penelitian Sumber Daya Regional (PSDR) LIPI.  Pendekatan deradikalisasi melalui keluarga bisa dilakukan melalui berbagai pendekatan, yakni psikologis dan sosial.

“Pendekatan bisa dilakukan dengan memberikan pendidikan khusus kepada anak-anak pelaku teroris, memberdayakan perempuan bagi keluarga yang ditinggalkan kepala keluarganya karena tersangkut masalah terorisme, dan pemisahan tahanan teroris,” jelas Cahyo.

Penyebaran ideologi terorisme dari jalur keluarga menjadi kunci utama, sebelum ideologi ini menyebar cepat di lingkungan masyarakat.

Radikalisme kerap kali disebarkan melalui keluarga teroris. Pendekatan keamanan saja tidak cukup menyelesaikan radikalisme di masyarakat.

“Kalau penyelesaiannya hanya pendekatan keamanan saja, tentu tidak akan mampu memutus mata rantai terorisme yang telah menyebar luas ke berbagai sendi kehidupan masyarakat,” pungkasnya.
 

(CEU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360