Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencoba pemeriksaan covid-19 menggunakan GeNose C19. Dok. Instagram Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencoba pemeriksaan covid-19 menggunakan GeNose C19. Dok. Instagram Budi Karya Sumadi

Pemerintah Siapkan 200 Unit GeNose C19

Nasional kereta api Virus Korona pandemi covid-19
Candra Yuri Nuralam • 24 Januari 2021 19:19
Jakarta: Pemerintah semakin serius menggunakan Gadjah Mada Electric Nose Covid-19 (GeNose C19) untuk mengecek virus korona pada perjalanan kereta api. Ratusan unit GeNose C19 dipesan untuk dipakai di stasiun kereta yang berada di Pulau Jawa dan Sumatra.
 
"GeNose yang sudah kita pesan 200 unit untuk 44 titik stasiun di Jawa dan Sumatra," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam akun Instagram @budikaryas, Minggu, 24 Januari 2021.
 
Rapid test antigen masih menjadi persyaratan bagi masyarakat yang ingin bepergian ke luar kota. Namun, harga rapid test antigen masih tergolong mahal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berharap GeNose C19 menjadi solusi dari mahalnya rapid test antigen. Pemeriksaan covid-19 di stasiun diharapkan bisa jauh lebih murah dengan alat tersebut.
 
"Jadi setiap yang orang akan berangkat menggunakan kereta api wajib dilakukan tes," ujar Budi.
 
Budi sempat mencoba pemeriksaan covid-19 menggunakan GeNose C19. Dia mengabadikan kesempatan itu melalui di Instagram pribadinya.
 
Baca: Kasus Covid-19 di Indonesia Mencapai 989.262
 
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menguji coba pemanfaatan alat deteksi covid-19, GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen. Alat tersebut akan dipasang pada simpul-simpul transportasi publik.
 
"Alat GeNose menjadi solusi dari permasalahan alat screening dan diagnosis yang saat ini masih cukup mahal dan ketersediaannya terbatas," kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 23 Januari 2021.
 
GeNose merupakan alat deteksi covid-19 yang digunakan untuk meningkatkan screening virus korona melalui embusan napas dengan tahap 4T. Yakni, tracking, tracing, testing, dan treatment.
 
GeNose dinilai dapat memberikan rasa nyaman dan dapat digunakan anak-anak hingga lansia. Pengecekan melalui alat GeNose juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.
 
Menurut Luhut, penggunaan GeNose C19 telah diakui Kementerian Kesehatan. Kemudian, didukung Kementerian Perhubungan sebagai alat tes yang digunakan untuk aktivitas perjalanan masyarakat menggunakan transportasi umum.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif