Kepala BNPB Doni Monardo meninjau Pantai Padang, Sumbar, Kamis, 15 April 2021. Foto: Istimewa
Kepala BNPB Doni Monardo meninjau Pantai Padang, Sumbar, Kamis, 15 April 2021. Foto: Istimewa

BNPB Imbau Pemda Jaga Penahan Abrasi di Pantai Padang

Nasional Lingkungan bencana Lingkungan Hidup bencana alam BNPB Mitigasi Bencana
Theofilus Ifan Sucipto • 15 April 2021 16:03
Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo ingin penahan abrasi di Pantai Padang, Sumatra Barat (Sumbar), terus dirawat. Pemerintah daerah (pemda) diimbau membuat kebijakan yang mengedepankan lingkungan.
 
“Saya meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat dan Kota Padang dapat membuat regulasi yang mengatur tentang ekosistem berkelanjutan,” kata Doni saat meninjau Pantai Padang, Kamis, 15 April 2021.
 
Jenderal berbintang tiga itu juga berpesan agar penanaman vegetasi sebagai benteng alami dari abrasi tak sekadar seremonial belaka. Sabuk pantai perlu dirawat berkelanjutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: BNPB Berupaya Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat
 
Doni sedih melihat tempat bermainnya semasa SMP dan SMA sekarang terkikis akibat abrasi laut. Pantai Padang sempat dipasangi batu batu grip pemecah ombak ke arah laut, tetapi stuktur itu ikut terkikis.
 
“Saya ingin pastikan lokasi wisata populer di Kota Padang mendapatkan perhatian serius sehingga aman dari potensi ancaman abrasi laut dan bencana gempa bumi,” papar dia.
 
Dia merekomendasikan Pemprov Sumbar menanam pohon pinago, waru, ketapang, cemara udang, hingga beringin. Pepohonan ini diklaim kuat menahan abrasi.
 
“Kalau ini bisa dikembangkan secara bertahap, berlanjut, maka kita bisa menyelamatkan generasi yang akan datang,” tutur Doni. 
 
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 itu mengajak pemda dan masyarakat bahu-membahu menjaga kelestarian lingkungan. Hal itu penting guna mengurangi risiko bencana alam.
 
“Semakin banyak tanaman di pantai akan membuat pantai tahan abrasi dan bertambah pasirnya,” ujar Doni.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif