Pengembangan vaksin Merah Putih kini sudah mencapai 55 persen (Foto:Shutterstock)
Pengembangan vaksin Merah Putih kini sudah mencapai 55 persen (Foto:Shutterstock)

Progres Pengembangan Vaksin Merah Putih

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu Satgas Covid-19
Gervin Nathaniel Purba • 31 Oktober 2020 21:01
Jakarta: Pengembangan vaksin Merah Putih kini sudah mencapai 55 persen. Pengembangan vaksin telah memasuki tahap menghasilkan protein rekombinan.
 
Vaksin telah diuji ke sel mamalia dan sel ragi. Jika hasil protein rekombinan stabil, tahap selanjutnya adalah uji coba kepada hewan.
 
Lalu, bibit vaksin akan diserahkan kepada Bio Farma untuk uji klinis lanjutan. Menurut Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Amin Soebandrio, vaksin Merah Putih harus melewati uji klinis tahap satu, dua, dan tiga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amin menyebutkan, 45 persen penduduk Indonesia menyatakan kesediaannya diberi vaksin Merah Putih yang dibuat atas kerja sama LBM Eijkman, PT Biofarma, dengan Sinovac, perusahaan farmasi asal Tiongkok.
 
Produksi vaksin Merah Putih terus dikebut. Sesuai amanat Presiden Joko Widodo, ketersediaan vaksin harus efektif, cepat, dan aman.
 
"Beruntung saat ini terdapat prosedur yang sangat pendek ke pengembangan vaksin. Kalau dalam situasi normal, bukan pandemi kita butuh bertahun-tahun untuk pengembangan vaksin," katanya.
 
Mengingat masih ada beberapa tahap hingga vaksin selesai dan bisa didistribusikan, masyarakat diminta tertib menerapkan protokol kesheatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.
 
Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif