Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa

739.722 Tenaga Kesehatan Disiapkan untuk Vaksinasi

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Nur Azizah • 30 Oktober 2020 09:00
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 739.722 tenaga kesehatan untuk vaksinasi virus korona (covid-19). Mereka terdiri atas dokter umum, dokter spesialis, perawat, dan bidan.
 
"Kemenkes juga telah menyiapkan vaksinator di puskesmas dan rumah sakit sebanyak 23.145 orang. Atau secara rasio sebesar 1:20 di seluruh Indonesia," kata Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Selain Sumber Daya Manusia (SDM), Kemenkes juga menyiapkan prosedur penjagaan vaksin atau cold chain. Prosedur bertujuan menjaga kualitas maupun efektivitas vaksin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini rata-rata kesiapan cold chain yang berfungsi di Indonesia mencapai 97 persen," sebut Wiku.
 
Baca:Efek Samping Berat Tak Ditemukan Pada 1.542 Relawan Vaksin Covid-19
 
Ia mengatakan vaksinasi bisa dikatakan sukses jika prosesnya aman dan efektif secara medis, serta diikuti persiapan penyelenggaraan yang matang. Namun, untuk menunggu vaksin hadir, ia meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.
 
Hingga saat ini, sejumlah vaksin masih menjalani uji klinik tahap tiga memastikan keamanan, efek samping, dan dosis aman. Vaksin tersebut ialah Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca.
 
"Pemerintah masih menunggu hasil uji klinis fase tiga, serta transfer dokumen Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dianalisa," kata Wiku.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif