Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Tenaga Medis Ujung Tombak Edukasi Imunisasi

Nasional Virus Korona vaksinasi vaksin covid-19
Media Indonesia.com • 22 November 2020 04:56
Jakarta: Peran dokter sebagai ujung tombak mengedukasi masyarakat cukup krusial. Mereka diperlukan, terutama dalam mengembalikan keyakinan masyarakat terhadap pentingnya imunisasi dan vaksinasi.
 
"Para dokter dan tenaga medis perlu menyuarakan bahwa imunisasi dan vaksinasi sangat penting untuk mencegah penyakit-penyakit yang sudah ada," ujar Advisor Yayasan Bersatu Sehatkan Indonesia Kristoforus Hendra Djaya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 21 November 2020.
 
Menurut dia, program imunisasi nasional perlu digaungkan kembali untuk mencegah terjadinya twindemics selama wabah virus korona (covid-19) melanda. Dokter dan tenaga medis perlu mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan cakupan imunisasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Eijkman Optimistis Bibit Vaksin Merah Putih Rampung Maret 2021
 
"Ini penting dilakukan agar setelah pandemi covid-19 berakhir, tidak muncul wabah penyakit-penyakit lain karena masyarakat enggan mengikuti imunisasi atau vaksinasi," ungkap dokter ahli vaksin itu.
 
Di sisi lain, pembaruan informasi mengenai vaksinasi dan imunisasi di era pandemi bagi para dokter turut diperlukan. Para tenaga medis juga memerlukan penyegaran informasi.
 
"Para dokter harus bisa menjadi frontline educators dan trusted source of information demi masyarakat Indonesia yang sehat," terang Kristoforus.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif