Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Pondok Pesantren Mesti Menjadi Institusi Teladan Perangi Covid-19

Nasional Virus Korona pondok pesantren hari santri nasional
Suryani Wandari Putri Pertiwi • 23 Oktober 2020 06:33
Jakarta: Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar, mengatakan pondok pesantren bisa menjadi agen memerangi covid-19 (korona). Pelajaran-pelajaran kedisiplinan di pesantren harus diimplementasikan untuk memutus penyebaran virus korona.
 
"Mari kita menjadikan pondok pesantren ini sebagai institusi teladan di dalam kesehatan masyarakat, terutama dalam rangka memproteksi diri dari virus covid-19," kata Nasaruddin dalam diskusi “Santri Sehat Indonesia Kuat” dari Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Nasaruddin menuturkan tradisi kedisiplinan yang diajarkan kepada para santri serta keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai serta pengasuh pesantren menjadi modal utama mewujudkan iman, aman, dan imun. Seperti, menjaga jarak saat salat berjemaah, makanan harus steril, area kantin steril, dan pembatasan masyarakat luar dengan warga pondok pesantren.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengingatkan untuk terus berusaha melawan virus korona. Sebab, semua penyakit datangnya dari Allah.
 
“Jadi manakala kita mendapat menderita suatu penyakit yang berusaha lama kita enggak boleh pasrah," tutur dia.
 
Ia menuturkan santri harus proaktif memerdekakan Indonesia. Nasaruddin mengatakan dahulu para santri pernah melakukan komando jihad dengan mengusir Belanda.
 
Maka, komunitas santri saat ini harus tampil mengusir virus korona dengan cara sendiri. "Tentu bagi santri ya harus banyak berdoa dan menjadi contoh masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan,” tegas dia.
 
(Baca: Al Hamidiyah Depok Jadi Pesantren Percontohan Penerapan Protokol Covid-19)
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif