Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menempelkan stiker pada kendaraan yang menunggak pajak di atas dua tahun di lapangan parkir IRTI Monas, Jakarta. Foto: Ilham Pratama Putra/Medcom.id
Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menempelkan stiker pada kendaraan yang menunggak pajak di atas dua tahun di lapangan parkir IRTI Monas, Jakarta. Foto: Ilham Pratama Putra/Medcom.id

50% Motor di Jakarta Menunggak Pajak

Nasional pajak kendaraan
Ilham Pratama Putra • 23 Desember 2019 14:24
Jakarta: Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta mencatat ada 7 juta sepeda motor di Ibu Kota. Setengah dari jumlah motor tersebut belum dibayarkan pajak kendaraannya.
 
"Yang melakukan pembayaran cukup sedikit. Mungkin cuma 50 persen," kata Kepala Unit Pelaksana Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Jakarta Pusat BPRD DKI Jakarta, Manasar Simbolon, di area parkir IRTI Monas, Jakarta, Senin, 23 Desember 2019.
 
BPRD DKI tidak bisa menyisir seluruh motor yang menunggak pajak. Karena motor tersebut bisa juga telah rusak atau hancur akibat kecelakaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk itu kami akan mendata bersama Satlantas agar terdata motor yang memang sudah tidak bisa dipakai," jelas Manasar.
 
Potensi pajak dari satu motor hanya Rp300 ribu-Rp600 ribu. Namun, cukup berpengaruh untuk pemasukan Pemprov DKI lantaran jumlah motor di Ibu Kota cukup banyak.
 
BPRD DKI pun mendapati 14 motor yang terparkir di IRTI Monas belum dibayarkan pajaknya. Petugas menempelkan stiker 'Objek Pajak Ini Belum Melunasi Kewajiban Pajak Daerah' pada kendaraan yang menunggak pajak di atas dua tahun.
 
Sedangkan, kendaraan yang menunggak pajak di bawah satu tahun hanya diberikan flyer telat membayar. Manasar berharap para pemilik kendaraan segera membayarkan pajak kendaraannya. Karena pendatan pajak juga digunakan untuk membangun Ibu Kota Jakarta.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif