Komisioner Bidang Trafficking Dan Eksploitasi KPAI Ai Maryati Solihah--Medcom.id/Farhan Dwitama
Komisioner Bidang Trafficking Dan Eksploitasi KPAI Ai Maryati Solihah--Medcom.id/Farhan Dwitama

KPAI Akan Tuntut Pihak yang Mengajak Pelajar Berdemo

Nasional demo massa Demonstrasi Mahasiswa
Candra Yuri Nuralam • 02 Oktober 2019 09:56
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan menuntut oknum yang membawa pelajar dalam aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, pada Senin 30 September 2019. Kepolisian diminta mengusut tuntas kasus ini.
 
"Ketika ini melibatkan anak tentu kami tidak segan mengejar, dan memastikan kelompok yang memanfaatkan anak akan dikenai sanksi berupa pidana berdasarkan bukti yang kita dapatkan sesuai dengan hukum yang berlaku, hukum anak atau pidana biasa," kata Komisioner KPAI Bidang Trafficking dan Eksploitasi Ai Maryati Solihah kepada Medcom.id, Rabu, 2 Oktober 2019.
 
Ai mengatakan KPAI sudah mendapat banyak laporan terkait oknum yang mengajak para pelajar untuk berdemo. KPAI akan bekerja sama dengan kepolisian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menelusuri laporan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentu polisi dan stakeholder lainnya seperti Kemenkominfo ini akan kita pastikan bekerja sesuai dengan fungsinya untuk melihat bukti yang ada," ujar Ai.
 
KPAI sangat geram melihat adanya pelajar yang ikut berdemo. Hal ini sangat berpotensi melanggar undang-undang.
 
"Karena berpotensi melanggar Undang-Undang Perlindungan Anak, terutama Pasal 15 terkait anak-anak mendapatkan jaminan lindungan dari pemanfaatan kepentingan politik, kerusuhan sosial, dan masalah yang mengandung kekerasan," kata dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif