Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pemerintah Prioritaskan Ubah Perilaku Masyarakat

Nasional Virus Korona
Cindy • 02 Agustus 2020 13:06
Jakarta: Pemerintah berencana memprioritaskan mengubah perilaku masyarakat disiplin protokol kesehatan covid-19. Separuh anggaran stimulus penanganan covid-19 bakal diprioritaskan untuk rencana tersebut.
 
"Anggaran stimulus penanganan covid-19 yang Rp695 triliun, sebagian besar akan lebih diprioritaskan untuk mengubah perilaku masyarakat," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Brian Sri Prahastuti, dalam acara Crosscheck Medcom.id berjudul Covid-19, Protokol Mulai Bobol?, Minggu, 2 Agustus 2020.
 
Brian tak merinci jumlah anggaran yang akan digelontorkan untuk kampanye disiplin protokol kesehatan. Menurut dia, mengubah perilaku masyarakat untuk adaptasi kebiasaan baru dengan tetap menjunjung tinggi protokol kesehatan harus diprioritaskan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Brian menyebut sosialisasi disiplin protokol kesehatan yang dijalankan selama ini belum bisa mengubah perilaku masyarakat. Meski Presiden Joko Widodo serta Istrinya, Iriana, kerap menyosialisasikan penggunaan masker hingga rajin mencuci tangan dengan sabun kepada publik.
 
Untuk itu, kata dia, diperlukan anggaran khusus untuk membuat kampanye secara masif dan sistematis terkait protokol kesehatan. Sebab vaksin yang dapat digunakan hanya berupa disiplin protokol kesehatan covid-19.
 
"Perjalanan masih panjang hingga vaksin covid-19 diproduksi. Artinya vaksin yang pencegahan, perubahan perilaku, pakai masker, jaga jarak, itu adalah vaksin yang harus kita lakukan," tegas Brian.
 
Baca: Arahan dan Evaluasi Jokowi Sepekan Kondisi Covid-19
 
Hingga Sabtu, 1 Juli 2020, total kasus konfirmasi positif covid-19 mencapai 109.936 kasus. Sebanyak 67.919 orang dinyatakan sembuh dan 5.193 orang meninggal.
 

(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif