Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Makassar berunjuk rasa di bawah jembatan layang Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/5). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe.
Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Makassar berunjuk rasa di bawah jembatan layang Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/5). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe.

Kongres HMI di Riau Menuai Kritik

Nasional ormas islam
Yogi Bayu Aji • 05 Desember 2015 01:27
medcom.id, Jakarta: Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-29 yang diadakan di Pekanbaru, Riau, menuai sorotan tajam dari Himpunan Mahasiswa Islam-Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO). Acara yang seharusnya sesuai jadwal berlangsung pada 22-26 November 2015 itu mundur hingga Jumat (4/12/2015) ini.
 
Sorotan tajam yang ditujukan kepada kongres HMI ini dinilai beralasan. Sebab, sejak awal sebelum kongres ini dimulai masyarakat sudah dibuat kaget dengan rencana kucuran dana dari APBD Riau sebanyak Rp3 miliar dari total anggaran kongres sebesar Rp7 miliar.
 
Hal ini disebut bertolak belakang dengan kongres HMI MPO. Setiap mengadakan kongres tidak pernah sampai anggaran miliaran rupiah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sejauh yang saya tahu kongres kami tidak pernah sampai angka Rp1 miliar, yang terakhir Kongres 13-19 November 2015 di Tangerang kami habiskan anggaran Rp490 juta,” kata Puji Hartoyo Abubakar, Ketua Umum PB HMI MPO demisioner, dalam keterangan persnya, Jumat malam.
 
Selain anggaran, Kongres HMI di Pekanbaru juga dikritik karena beberapa kali terjadi anarkis. Terakhir, Jumat 3 Desember malam, peserta Kongres HMI saling lempar batu dan merusak sejumlah fasilitas Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Riau.
 
Aksi ini pun menuai banyak tanggapan dan kecaman dari masyarakat. “Kami prihatin dengan suasana Kongres rekan-rekan kami di HMI (Dipo) Riau. Kami berharap rekan-rekan HMI disana mengedepankan moralitas dan intelektualitas,” tambah Puji.
 
Ketua Umum terpilih PB HMI MPO Muhammad Fauzi dalam keterangan persnya siap untuk menjadi mediator Kongres HMI Riau. “Kami dari HMI MPO siap menjadi mediator dari teman-teman HMI yang berkongres di Pekanbaru Riau jika kami diminta, karena ini menyangkut marwah HMI” kata Fauzi.
 
Untuk diketahui, HMI terpecah menjadi dua, yakni, HMI MPO dan HMI Dipo. HMI MPO telah menggelar kongres pada pertengahan November lalu di Tangerang sedangkan HMI Dipo menggelarnya pada Desember ini di Riau.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif