Anggota Fraksi PKB Maman Imanulhaq. MI/Adam Dwi.
Anggota Fraksi PKB Maman Imanulhaq. MI/Adam Dwi.

Sertifikasi Kembalikan Proporsionalitas Profesi Dai

Nasional mui
Cindy • 20 November 2019 05:50
Jakarta: Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq menilai sertifikasi (pendakwah) bagi dai di instansi pemerintahan penting dilakukan. Sertifikasi ini membuat pendakwah kembali ke proporsinya.
 
"Dakwah itu mengajak bukan mengejek, merangkul bukan memukul, memberikan argumen keluhuran nilai nilai agama yang toleran, damai bukan sentimen, mencibir dan merusak kesepakataan kebangsaan. Menurut saya bagus," kata Maman di acara Prime Talk Metro TV, Jakarta, Selasa, 19 November 2019.
 
Menurutnya, tida ada aturan ketat masyarakat kini bebas menjadi dai padahal belum tentu mereka memiliki kompetensi dan pengetahuan agama yang kuat. Sertifikasi dai ini membuat standarisasi pendakwah berkualitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seorang tanpa pengetahuan agama yang kuat muncul berfatwah. Itu sangat aneh. Majelis Ulama Indonesia (MUI),Nadhlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah berhak mengeluarkan sertifikasi," ujar Politikus PKB itu.
 
Maman mengatakan sertifikasi dai dapat dipakai saat diundang berdakwah di negara sahabat. Sebab standarisasi dai itu pun penting bagi negara-negara lainnya.
 
"Standarisasi ini menjadi penting. Saat saya memimpin dakwah PBNU di negara eropa, yang ditanyakan pertama mana CV dai ini, pengajaran dimana, penguasaan keagamaannya apa, dibidang apa, menariknya apa," contohnya.
 
Maman berharap sertifikasi dai ini tidak hanya dilakukan oleh MUI. Baiknya organisasi masyarakat (ormas) seperti NU dan Muhammadiyah juga mengeluarkan aturan serupa.
 
MUI, NU dan Muhammadiyah dapat duduk bersama menetapkan standarisasi sesuai kesepakatan. Standarisasi itu diharapkan digunakan tak hanya di pusat namun hingga ke daerah.
 
"Kita harapkan kurikulum dan metode sertifikasi dai ini menyebar ke seluruh Indonesia," tutup Maman.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif