Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pemasangan cetakan semen pada proyek normalisasi Kali Grogol, Jakarta Barat. Foto: MI/Pius Erlangga.
Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pemasangan cetakan semen pada proyek normalisasi Kali Grogol, Jakarta Barat. Foto: MI/Pius Erlangga.

Pemprov DKI Diminta Libatkan Masyarakat Menaturalisasi Sungai

Nasional banjir jakarta bencana banjir Jakarta Banjir
Kautsar Widya Prabowo • 08 Januari 2020 17:16
Jakarta: Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaturalisasi sungai dikritisi. Sebab, masyarakat tidak dilibatkan dalam proses perencanaan hingga pelaksanaan.
 
"Karena kan wilayahnya di wilayah mereka (masyarakat)," ujar Direktur Eksekutif Walhi DKI Jakarta, Tubagus S Ahmadi, dalam diskusi Tinjauan Lingkungan Hidup Jakarta 2020, di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Januari 2020.
 
Tubagus menilai pemerintah ibarat 'kacang lupa kulit'. Konsep naturalisasi yang diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 31 Tahun 2009 tentang Pembangunan dan Revitalisasi Prasarana Sumber Daya Air Secara Terpadu dengan Konsep Naturalisasi, bersumber dari sejumlah komunitas yang mengupayakan penghijauan di pinggiran Sungai Ciliwung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tetapi ketika masuk ke Pergub, masih ada catatan, dia (Pemprov DKI) meninggalkan peran serta masyarakat. Padahal dia mengambil itu dari masyarakat," tutur dia.
 
Pemprov DKI Jakarta diminta menyebutkan wilayah-wilayah yang menjadi target naturalisasi. Sehingga, kebijakan yang diambil bisa lebih detail dan jelas.
 
"Kalau tidak masuk kebijakan ya tidak jelas dong. Jadi harus dimasukkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerab) atau bentuk peraturan baru lainnya, merujuk Pergub naturalisasi itu," kata dia.
 
Tubagus menilai konsep naturalisasi sungai merupakan pilihan baik daripada normalisasi. Sebab, normalisasi menggunakan beton sebagai penahan air.
 
"Normalisasi dengan versinya pusat, dengan betonisasi itu buruk banget," kata dia.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif