Puting beliung. Ilustrasi
Puting beliung. Ilustrasi

15 Rumah di Cianjur Hancur Diterjang Puting Beliung

Nasional puting beliung
Antara • 27 Oktober 2019 15:29
Cianjur: Belasan rumah di Kampung Pasirnangka, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat, rusak akibat diterjang angin puting beliung. Tidak ada korban jiwa, namun
kerugian materil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.
 
Bencana angin puting beliung juga mengakibatkan 15 kepala keluarga mengungsi ke rumah sanak saudaranya. Angin puting beliung terjadi beberapa saat sebelum hujan deras mengguyur wilayah tersebut.
 
Pusaran angin pertama kali terlihat dari area pintu masuk Pasar Induk Pasirhayam (PIP) Cianjur. Kemudian, anginbergerak menuju Timur ke Jalan Lingkar Timur hingga ke pemukiman warga di Kampung Pasirnangka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rumah kami sempat dihantam dua kali, yang pertama tidak terlalu berdampak, namun yang
kedua membuat atap rumah beterbangan dan langit-langit rumah ambruk,"kata seorang korban, Santi Mulya seperti yang dilansir dari Antara, Jakarta, Minggu, 27 Oktober 2019.
 
Saat angin mengamuk, Santi bersama 10 orang anggota keluarganya bertahan di dalam rumah. Ia takut terbawa pusaran angin. Setelah angin berangsur hilang mereka mengungsi ke rumah kerabat.
 
"Kami bersama anggota keluarga dan anak-anak langsung mengungsi ke rumah kerabat yang tidak tersapu angin karena takut angin kembali menghantam perkampungan, sedangkan yang laki-laki berjaga bersama warga lainnya," kata dia.
 
Korban lainnya, Uus (37) bersyukur selamat dari peristiwa itu meski rumah dua lantai miliknya ambruk. Saat kejadian, dia dan keluarganya tidak ada di tempat.
 
"Saat kejadian saya sedang ke Cianjur untuk mengurus pekerjaan, sedangkan anak dan istri sedang mengambil air ke sungai yang letaknya cukup jauh dari rumah," ujarnya.
 
Dia baru tahu rumahnya ambruk setelah mendapat info dari tetangga.Sekretaris BPBD Cianjur, Sugeng Supriyatno mengatakan hingga saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusak akibat dihantam angin puting beliung itu.
 
"Laporan sementara yang kami terima baru 15 rumah yang rusak akibat puting beliung. Namun, tim masih melakukan pendataan dan kami upayakan agar mendapat bantuan dari pemerintah," ujar dia.

 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif