Ilustrasi virus korona. Foto: Medcom.id
Ilustrasi virus korona. Foto: Medcom.id

Tiga RS Rujukan Disiapkan Menangani Pasien Virus Korona

Nasional virus korona
Damar Iradat • 27 Januari 2020 17:41
Jakarta: Pemerintah terus berupaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus korona di Indonesia. Sebanyak 100 rumah sakit di 31 provinsi dan tiga rumah sakit rujukan nasional di Jakarta disiapkan.
 
Tiga rumah sakit tersebut ialah Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Rumah Sakit Tarakan, dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Rumah sakit rujukan itu dilengkapi fasilitas memadai sebagai rujukan penyakit corona jenis baru.
 
"Pemerintah juga menyiapkan sejumlah laboraturium Bio Medis dan lima laboraturium regional yang memiliki fasilitas konfirmasi virus korona," kata staf khusus Presiden bidang sosial Angkie Yudistia saat konfirmasi di Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Istana juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan lembaga terkait memastikan pencegahan dan antisipasi persebaran virus korona berjalan optimal. Angkie membantah dua pasien terjangkit virus korona di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. Saat ini, belum ada pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus korona.
 
Angkie juga memastikan langkah terbaik selalu ditempuh buat mencegah virus penyakit apa pun. Ini buat menjamin masyarakat beraktivitas tanpa rasa takut.
 
Pemerintah memperketat pemeriksaan di semua akses masuk bandara yang memiliki rute penerbangan internasional termasuk domestik untuk pencegahan sedini mungkin."Di Bandara Soekarno Hatta, telah diaktifkan alat pemindai suhu tubuh untuk mendeteksi gejala virus korona. Pemerintah juga meningkatkan sarana pencegahan virus di 19 daerah penerima kedatangan langsung dari Tiongkok," tutur dia.
 
Angkie menuturkan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) di Tiongkok yang terjangkit virus korona. Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tiongkok juga terus mendata kesehatan WNI terutama di Kota Wuhan.
 
"Istana mengimbau seluruh masyakat dapat beraktivitas dengan tenang dan tetap memperhatikan kesehatan serta kebersihan sebagai mitigasi dini atas semua potensi penyakit yang bisa datang kapan saja," ujar Angkie.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif