Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Mabes Polisi Nilai Sutopo Inspiratif

Nasional obituari
Cindy • 07 Juli 2019 11:10
Jakarta: Mabes Polri berbelasungkawa atas kepergian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Sosok Sutopo dinilai menginspirasi.
 
"Semoga Almarhum diterima di sisi Allah SWT. Sosok beliau, khususnya kepada saya, sangat menginspirasi," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 7 Juli 2019.
 
Iqbal menuturkan Sutopo layak mendapatkan penghargaan se-Asia. Pasalnya, walau mengidap penyakit kronis, dia tetap melayani dan memberikan informasi terkait bencana alam kepada masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seolah tidak mengidap penyakit, almarhum dapat menjawab semua pertanyaan dan melayani semua teman-teman media," ucap Iqbal.
 
Dia mengaku mengidolakan Sutopo karena tanpa lelah melayani keingintahuan masyarakat. "Semua data yang diharapkan, informasi apa pun diberikan, dan betul-betul menjiwai, soul-nya luar biasa. Itu humas sejati. Kadiv humas Polri pun jauh dedikasinya," sambun dia.
 
Baca: Di Balik Jabatan Tangan Sutopo dan Jokowi
 
Sutopo meninggal dalam proses perawatan penyakit kanker paru-paru di Tiongkok. Pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), 7 Oktober 1969 itu telah berjuang melawan penyakit kanker sejak Januari 2018.
 
Di tengah perjuangan melawan penyakitnya, ia tetap semangat mengabarkan informasi kebencanaan kepada masyarakat. Dalam video di akun Instagramnya, Sutopo meminta doa kepada seluruh masyarakat untuk pengobatannya di Tiongkok.
 
"Hari ini saya ke Guangzhou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh. Kondisinya sangat menyakitkan sekali," ucap Sutopo dalam video tersebut.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif