Pesepeda melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat, 30 Oktober 2020. Foto: Antara/Aprillio Akbar
Pesepeda melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat, 30 Oktober 2020. Foto: Antara/Aprillio Akbar

Pesepeda Brompton Minta Polisi Perbanyak Patroli Cegah Begal

Nasional sepeda polisi pembegalan
Cindy • 30 Oktober 2020 16:39
Jakarta: Komunitas pesepeda Brompton Owners Group Indonesia (BOGI) meminta kepolisian memperbanyak patroli pada jam rawan. Hal ini diperlukan untuk merespons maraknya begalyang mengincar pesepeda selama pandemi virus korona (covid-19).
 
"Polisi perlu memperbanyak sosialisasi tentang keamanan bersepeda dan lebih proaktif terhadap kasus-kasus yang sudah terjadi sebelumnya," kata anggota BOGI Kelapa Gading, Chriswanto, kepada Medcom.id, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Menurut dia, polisi perlu secepatnya membongkar komplotan begal untuk memberi efek jera kepada pelaku. Bukti awal bisa didapat lewat rekaman closed circuit television (CCTV).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ruang Kejahatan Begal Pesepeda Mesti Ditekan
 
Chris menilai komplotan begal kerap mengincar pesepeda yang menaruh benda berharga yang mudah diraih. Titik rawan itu, yakni benda di setang, tas, maupun kantong belakang celana.
 
"Umumnya adalah telepon genggam (yang dicuri), jadi sebaiknya memang dihindari untuk meletakkan benda berharga di tempat yang mudah terlihat," ucap dia.
 
Pesepeda didorong terus waspada dengan menghindari jalan sepi dan bersepeda dalam kelompok. Selain itu, pesepeda diminta tidak menggowes pada malam hari.
 
"Tentunya lebih berisiko dan harus persiapan lebih. Lampu depan belakang di sepeda adalah wajib ketika gowes malam hari," ujar dia.
 
Dia juga menyoroti masih banyak penerangan jalan umum (PJU) yang kurang memadai di sejumlah ruas sehingga rawan kecelakaan. Untuk itu, pesepeda wajib memakai helm untuk meminimalisasi cedera.
 
"Dalam hal kasus begal belakangan ini, di hampir semua kejadian, pesepeda selalu terjatuh akibat tarikan begal ketika mengambil barang berharga kita. Di sini helm juga sangatlah penting," ungkap Chris.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif