Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

43 Desa di DIY dan Jateng Terendam Banjir

Nasional banjir
Candra Yuri Nuralam • 18 Maret 2019 16:25
Jakarta: Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebanyak 43 desa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah terendam Banjir. Hal ini lantaran hujan yang tidak berhenti pada Minggu, 17 Maret 2019.
 
"Jadi kemarin di wilayah Yogya dan Jawa tengah bagian selatan terjadi hujan yang deras, yang disebabkan pengaruh dari siklon tropis havana," ujar Sutopo di Gedung BNBP, Jakarta, Senin 18 Maret 2019.
 
Siklon tropis itu mengakibatkan pelambatan angin di Pulau Jawa. Sementara suhu permukaan air laut hangat, membuat masa uap air melimpah dan akhirnya mengakibatkan banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di DIY, ada tiga kabupaten yang terdampak bencana banjir. Yakni Kulon Progo, Bantul, dan Gunung Kidul.
 
(Baca juga:Dua Warga Meninggal Terdampak Banjir Bantul)
 
"Di tiga kabupaten itu ada 29 kecamatan yang terdampak beserta 35 desa juga ikut terendam," kata Sutopo.
 
Untuk wilayah Jawa Tengah, banjir merendam dua kabupaten, yakni Purworejo dan Wonogiri.
 
"Kabupaten di Jateng, Purworejo itu ada tiga kecamatan dan dua desa. Wonogiri yang terdampak satu kecamatan," ujarnya.
 
Akibat banjir dan longsor, sebanyak 6.908 jiwa mengungsi di 32 titik yang ada di DIY dan Jateng. Sementara ini tim SAR masih mencari tiga orang yang tertimbun longsor di Imogiri, DIY.
 
"Selain korban jiwa, beberapa rumah mengalami rusak berat. Penanganan yang masih kita lakukan, evakuasi, mencari korban lain dan juga bantuan," pungkas Sutopo.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif