Ilustrasi arus mudik. (Foto: Antara/Dedhez Anggara)
Ilustrasi arus mudik. (Foto: Antara/Dedhez Anggara)

Potensi Belanja Arus Mudik 2019 di Sekitar Area Tol Trans Jawa Tinggi

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 10 Mei 2019 13:35
Jakarta: Potensi belanja di ruas tol Trans Jawa selama arus mudik dan arus balik 2019 diprediksi akan tinggi. Daerah di sekitar tol Trans Jawa diminta memanfaatkan peluang tersebut.
 
Anggota Komisi V DPR Mohammad Idham Samawi mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh, potensi transaksi pemudik selama Lebaran 2019 akan mencapai Rp10,3 triliun di lokasi mudik dan Rp6 triliun untuk biaya transportasi. Potensi belanja tersebut bisa mengembangkan ekonomi daerah.
 
“Salah satunya dengan menyiapkan fasilitas area istirahat di kota dan kabupaten tersebut," kata Idham, dikutip dpr.go.id, Jumat, 10 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus PDI Perjuangan itu meminta pemerintah daerah (pemda) merespons kesempatan tersebut. Misalnya, warga menjajakan barang dagangan yang menjadi ciri khas daerah tersebut.
 
Idham juga meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) aktif mengimbau pemudik untuk beristirahat di luar jalan tol. Imbauan itu tentunya harus diikuti dengan kebijakan khusus oleh operator tol.
 
"Menyiapkan sistem yang membuat pemudik tak perlu membayar saat keluar-masuk di salah satu pintu Tol Trans-Jawa untuk istirahat di salah satu daerah,” katanya.
 
Idham menyebutkan, beristirahat di luar jalan tol juga akan mengurai kemacetan di sekitar tempat istirahat dan pelayanan (TIP).
 
"Area untuk istirahat bagi pengguna jalan tol sebaiknya berjarak 200-300 meter dari pintu tol. Sejumlah rest area tidak akan mencukupi kebutuhan pemudik yang akan singgah," ujar dia.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif