KRI Rigel Deteksi Objek Diduga JT610
Barang-barang yang diduga berasal dari Lion Air JT610. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: KRI Rigel-933 mendeteksi sebuah objek berukuran lebih dari 20 meter di dasar perairan Tanjung Karawang. Temuan itu berdasarkan hasil deteksi alat multibeam echo sounder.

"Belum bisa dipastikan apakah itu bangkai pesawat (Lion Air JT610) atau bukan. Data temuan didapat dari multibeam," kata Direktur Operasi Pusat Hidro-Oseanografi (Dirops Pushidros) TNI AL Kolonel Haris Djoko Nugroho di KRI Rigel, Rabu, 31 Oktober 2018.

Haris mengatakan saat ini permukaan air sudah ditandai untuk memudahkan tim turun ke lokasi. Tim pemyelam Dinas Penyelamatan Bawah Air bersiap untuk mengecek kembali ke dasar laut.


(Baca juga: Badan Pesawat JT610 Terlacak)

"Untuk mengecek, diturunkan sonar untuk menangkap gambar objek. Sonar butuh lima jam untuk mengidentifikasi hasil temuan tersebut," ujar Haris.

Lion Air JT610 rute Jakarta-Tanjung Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Senin, 29 Oktober 2018. Saat kejadian pesawat mengangkut total 189 orang. Sebanyak 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak, dan dua bayi dengan dua pilot dan enam flight attendant (FA).





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id