Konpers soal BPJS Kesehatan - Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Konpers soal BPJS Kesehatan - Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Pemutusan Kerja Sama RS Tak Berhubungan dengan Defisit BPJS

Nasional bpjs kesehatan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 Januari 2019 08:46
Jakarta: Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris menegaskan pemutusan kontrak rumah sakit tidak berkaitan dengan kondisi defisit BPJS Kesehatan. Pemutusan murni rumah sakit belum melakukan akreditasi. 

“Ada anggapan bahwa penghetian kontrak kerja sama dikaitkan dengan kondisi defisit BPJS kesehatan, nah informasi itu salah,” tegas Fahmi di Jakarta, Senin, 7 Januari 2019. 

Ia menyebut kontrak yang sempat terhenti itu murni kesepakatan bersama kedua pihak. “Dalam kesepakatan yang suka rela itu membutuhkan syarat tertentu dan kebetulan syarat itu tidak terpenuhi. Itu sesungguhnya yang terjadi,” tutur dia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Fahmi menegaskan sampai saat ini pembayaran oleh BPJS kesehatan pada rumah sakit tetap berjalan sesuai ketentuan yang berlaku. Apabila ada fasilitas kesehatan yang belum terbayarkan oleh rumah sakit bisa menggunakan skema penagihan yang sudah disepakati.  (Baca juga: Pelayanan BPJS Tetap Berjalan di RS Belum Terakreditasi)

“Seperti yang sering kami sampaikan ke publik. Rumah sakit dapat menggunakan skema supply changes financing dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan,” tambah dia. 

Fahmi menambahkan rumah sakit yang kerja samannya berkahir karena tidak memenuhi syarat re-krendensial. Misal, tidak lagi mempunyai izin operasional, maupun masalah prestasi dalam melayani peserta. 

"Tujuan ini demi kepentingan masyarakat, kepentingan peserta," tutur dia. 

Diketahui dari 2.217 rumah sakit rekanan BPJS, sampai Desember 2018 sudah ada 1.759 terakreditasi. Sisanya sedang dalam proses atau belum melakukan akreditasi. 

Sebanyak 341 tengah melakukan akreditasi, 39 menunggu penetapan, 38 akan disurvei.
 


(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi