NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Anis Efizudin)
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Anis Efizudin)

Warga Palembang Diminta Mewaspadai Demam Berdarah

Nasional demam berdarah
Antara • 20 Februari 2020 09:02
Jakarta: Warga Kota Palembang diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD). Apalagi, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah setiap tahunnya.
 
"Pada musim hujan sekarang ini perlu ditingkatkan kewaspadaan serangan penyakit DBD karena seperti tahun-tahun sebelumnya terjadi peningkatan jumlah penderita penyakit tersebut," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda dilansir Antara, Kamis, 20 Februari 2020.
 
DBD dapat mengakibatkan penderitanya meninggal. Oleh karena itu warga Bumi Sriwijaya perlu meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitrianti mengatakan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan warga untuk mengantisipasi ancaman DBD. Di antaranya, melakukan kegiatan pembersihan lingkungan tempat tinggal, tempat kerja, dan sekolah dari hal-hal yang bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti penyebar virus penyebab demam berdarah.
 
Warga juga perlu melakukan kegiatan menutup tempat penampungan air bersih, menguras secara rutin tempat penampungan air dan memberi bubuk pembasmi jentik nyamuk (abate). "Kemudian, mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan," kata dia.
 
Warga Palembang Diminta Mewaspadai Demam Berdarah
Kemenkes mengatakan kasus terbanyak DBD terjadi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 
Menurut dia, berperilaku hidup bersih dan sehat merupakan cara efektif mewaspadai ancaman DBD dan berbagai jenis penyakit lainnya. Perilaku hidup bersih dan sehat, kata dia, dapat menjaga diri sendiri dari penyakit dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.
 
Fitrianti juga menyebut perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dalam Indonesia sehat. Termasuk, salah satu strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat terhadap pembiayaan kesehatan,
 
Lingkungan bersih dapat mencegah terbentuknya sarang nyamuk penyebab DBD dan tercemarnya sumber air untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Melalui berbagai upaya itu lingkungan tempat tinggal dan beraktivitas diharapkan bisa terhindar dari berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif