Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pola Kerja Wartawan Harus Menyesuaikan Fase Kenormalan Baru

Nasional kebebasan pers Virus Korona New Normal
Fachri Audhia Hafiez • 17 Juni 2020 16:58
Jakarta: Wartawan menjadi salah satu profesi yang terdampak pandemi virus korona (covid-19). Pola kerjanya berubah mengikuti penerapan jaga jarak fisik atau physical distancing.
 
Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan mengatakan pola kerja wartawan saat ini menjadi tantangan, khususnya yang berada di lapangan. Wartawan juga harus mematuhi protokol kesehatan.
 
"Mulai dari physical distancing, pakai masker, dan mengikuti protokol kesehatan lainnya. Wartawan harus beradaptasi dengan itu," kata Abdul saat berbincang dengan Medcom.id, Rabu, 17 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, perusahaan media massa juga mesti memperhatikan perlu atau tidaknya wartawan ke lokasi peristiwa di tengah kasus covid-19 yang masih terus meningkat. Sebab, peliputan bisa dilakukan lewat konferensi televideo.
 
Dia menekankan protokol kesehatan tetap diutamakan bila wartawan memang harus turun ke lapangan. "Karena yang mengatur itu kita sendiri, semaksimal supaya tidak terinfeksi," ujar Abdul.
 
Baca: Protokol Kesehatan Menghadapi New Normal di Tempat Kerja
 
Perusahaan media massa juga mesti berkontribusi dalam penyediaan alat pelindung diri (APD) untuk karyawannya. Penyediaan fasilitas ini sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan ketika menugaskan pekerja ke lapangan.
 
"Ketika dia bekerja dia menjalankan penugasan perusahaan. Kalau misal terjadi apa-apa terhadap wartawan kan yang dituntut itu tanggung jawab bersama perusahaan," ujar Abdul.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif