Sebagian Wilayah Indonesia Baru Masuk Musim Hujan
Warga membantu pengendara yang terjebak banjir di kawasan Cikutra, Bandung, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Novrian Arbi)
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sebagian wilayah Indonesia baru masuk musim hujan. Namun beberapa wilayah seperti Sumatera bagian Utara dan Aceh sudah mulai hujan sejak September 2018 lalu dengan intensitas dan curah yang cukup tinggi.

"Sumatera bagian tengah, Lampung, Jawa bagian barat ke arah timur baru pada akhir November masuk musim hujan. Saat ini masih dalam masa transisi," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Prabowo dalam Metro Pagi Primetime, Rabu, 28 November 2018.

Mulyono mengatakan secara umum seluruh wilayah di Indonesia akan memasuki musim hujan pada awal Desember. BMKG memprediksi puncak musim terjadi pada Januari.


Pada awal musim seperti saat ini intensitas hujan yang dirasakan memang cenderung lebat dan sangat lebat meskipun durasinya belum terlalu panjang. Perlahan-lahan saat musim hujan mulai merata intensitas akan semakin berkurang dengan durasi yang lebih panjang.

"Nanti di tengah musim durasi hujan akan lebih panjang, bisa dari sore ke malam bahkan sampai ke pagi dan siang meskipun intensitasnya tidak sederas awal," kata dia.

Berkenaan dengan puncak musim hujan yang sudah dekat, Mulyono mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan bencana yang bisa ditimbulkan setelah hujan. Terutama, longsor, banjir, dan banjir bandang.

Khusus di wilayah dengan topografi cukup curam seperti daerah perbukitan, peningkatan kewaspadaan menjadi hal utama. Daerah berbukit dengan kemiringan yang cukup curam menjadi wilayah yang rentan berpotensi longsor dan banjir bandang.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id