Ketua Panitia Program Literasi Duta 88, Sandy Prihandono, menyerahkan buku ke Perpustakaan Kota Tangerang. Foto: Duta 88
Ketua Panitia Program Literasi Duta 88, Sandy Prihandono, menyerahkan buku ke Perpustakaan Kota Tangerang. Foto: Duta 88

Ikhtiar Melawan Hoaks Melalui Buku

Nasional buku
11 April 2019 14:19
Jakarta: Informasi hoaks yang masif di media sosial dikhawatirkan akan menghambat perkembangan dunia pendidikan. Sebagai ikhtiar melawan hoaks, alumni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Tangerang (Duta 88) menyumbangkan ratusan buku ke perpustakaan.
 
Sumbangan buku, baik baru dan bekas itu, dikemas dalam 'Program Literasi Duta 88'. Buku dikumpulkan dari sejumlah alumni sekolah yang terletak di Jalan Siswa, Kota Tangerang, ini.
 
Ketua Panitia Program Literasi Duta 88, Sandy Prihandono, mengatakan sumbangan itu sebagai perlawanan terhadap derasnya informasi hoaks. "Sambil ikut mencerdaskan kehidupan masyarakat," kata Sandy melalui keterangan tertulis, Kamis, 11 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Duta 88 menyumbang 304 buku yang dikumpulkan sejak Februari 2019. Sebanyak 254 buku disumbangkan ke Dinas Perpustakaan Kota Tangerang. Sisanya, 50 buku disumbangkan ke Perpustakaan SMP Negeri 2 Kota Tangerang.
 
"Tidak banyak, tapi setidaknya ini sebagai kontribusi kami buat warga kota dan adik-adik kita," kata Sandy, yang kini menjadi pengajar di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta.
 
Buku yang disumbangkan beragam. Mulai dari tema sastra, sejarah, biografi, ekonomi, politik, hingga keterampilan.
 
Secara simbolik buku diserahkan dalam upacara pagi di halaman Gedung Windu Karya, Dinas Perpustakaan Kota Tangerang, Jalan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Rabu, 10 April 2019. Hadir dalam acara itu Kepala Bagian Perpustakaan Kota Tangerang Zaelani dan Rudy Saputra selaku ketua umum Alumni Duta 88.
 
"Kami berterima kasih dan menyambut baik sumbangan ini. Sumbangan ini sejalan dengan program Kota Tangerang yang ingin mencerdaskan masyarakat melalui buku," kata Zaelani.
 
Dinas Perpustakaan Kota Tangerang sudah membuat 62 perpustakaan di 13 kecamatan. Rencananya, Pemkot Tangerang akan membuat 1.004 rumah baca sampai tingkat rukun warga (RW).
 
"Saat ini telah ada sekitar 60 ribu eksemplar buku yang ada di perpustakaan. Kami juga punya empat unit mobil perpustakaan yang setiap hari berkeliling ke sekeloh-sekolah," kata dia.
 
Duta 88 merupakan sekumpulan alumnus SMP Negeri 2 Tangerang yang berasal dari angkatan 1988. Total anggotanya 120 orang sejak terbentuk pada Juli 2017. Hingga kini Duta 88 sudah beberapa kali mengadakan kegiatan bakti sosial di Kota Tangerang.
 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif