Kalla Perintahkan Kemenag Hitung Jumlah Masjid

Dheri Agriesta 23 November 2018 17:15 WIB
masjid
Kalla Perintahkan Kemenag Hitung Jumlah Masjid
Wakil Presiden jusuf Kalla - Medcom.id/Dheri Agriesta
Jakarta: Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyebut belum ada angka pasti jumlah masjid di seluruh Indonesia hingga saat ini. Angka yang dipakai selalu sekitar 800 ribu masjid. 

"Mungkin sekarang sudah 900 ribu. Yang tahu betul itu cuma Allah SWT. Kita tanya Menteri Agama (Lukman Hakim Saifuddin), dia juga tidak tahu," kata Kalla saat pembukaan Rakernas DMI di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 23 November 2018. 

Kalla menyebut sekretariat DMI mulai menghitung jumlah masjid yang ada di Indonesia. Tapi, upaya itu masih belum maksimal. 


Wakil presiden itu kemudian melirik Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin yang hadir di ruangan. Ia meminta Kementerian Agama menghitung jumlah pasti masjid yang ada di seluruh Indonesia. 

Toh, kata dia, Ditjen Bimas Islam bisa memanfaatkan kantor urusan agama yang ada di setiap kecamatan. Sehingga, KUA tak cuma menguras perkara nikah, talak, dan rujuk. 

(Baca juga: Data Masjid Terpapar Radikalisme Ada di Saku Wapres)

"Yang paling kurang diurus Kementerian Agama itu urusan masjid karena di Indonesia masjid diurus masyarakat," kata dia.

Dia menyindir Ditjen Bina Masyarakat Islam punya tugas paling enak. Sebab, tak mengurusi banyak hal. Ditjen Bimas Islam, kata dia, tak mengurusi masjid apalagi dakwah. 

"Urusan haji juga diurus Dirjen Haji, sekarang ditugasi you selama enam bulan kasih kita jumlah yang benar," perintah Kalla. 

Kalla tak hanya membebankan hal ini kepada Kemenag. Pengurus DMI di daerah akan membantu penghitungan ini.

"Kita juga wajibkan nanti ketua-ketua daerah membikin pemetaan supaya masuk ke aplikasi kita, nanti dijelaskan di sana di aplikasi DMI," ujar JK.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id